SHARE TO :

Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:29 am tanggal September 24, 2016

Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya – Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata tidak mampu memberi kelembaban yang cukup untuk menjaga mata tetap terlindungi. Mata yang sehat terus ditutupi oleh lapisan. Lapisan terluar (lipid) adalah asam lemak yang menghaluskan permukaan air mata dan memperlambat penguapan dari lapisan tengah (lacrimal) yang tebal dan sebagian besar adalah air.

Air mata tidak memadai karena berbagai alasan, yaitu karena mata tidak menghasilkan cukup air mata atau mata berkualitas rendah. Lendir membentuk lapisan terdalam (niucin) yang memungkinkan air mata tersebar merata di permukaan mata. jika salah satu ketiga komponen yaitu Lapisan terluar (lipid), lapisan tengah (lacrimal), dan lapisan terdalam (niucin) tidak seimbang maka kemungkinan besar akan terjadi mata kering.

Mengenal Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya

mata kering

Agar bisa bekerja dengan baik, mata bergantung pada aliran air mata untuk memberikan kelembapan konstan dan pelicin untuk memelihara penglihatan dan kenyamanan. Air mata merupakan kombinasi dari air, sebagai agen pelembap : minyak, agen pelumas : lendir, untuk meratakan penyebaran : dan antibodi dan protein khusus, sebagai perlawanan infeksi. Semua komponen ini dilepaskan dari kelenjar khusus di sekitar mata.

Turunnya atau terganggunya produksi air mata, serta menguapnya air mata yang terlalu cepat pada kasus penyakit mata kering bisa dipicu oleh beberapa faktor, diantarnya :

– Usia (sebagian besar kasus penyakit mata kering terjadi pada lansia).
– Perubahan hormon, misalnya ketika hamil, ketika menggunakan pil kontrasepsi, dan ketika menjelang masa menopause.
– Aktivitas dan kebiasaan yang menyebabkan frekuensi mata berkedip berkurang misalnya membaca, bekerja di depan komputer, dan menulis.
– Penyakit tertentu, misalnya blefaritis, disfungsi kelenjar meibomian, dermatitis kontak, rematik, konjungtivitis alergi, sindrom Sjogren, HIV, skleroderma, bell’s palsy, dan lupus
– Cedera pada mata.
– Paparan radiasi.
– Efek samping pemakaian kontak lensa.
– Efek samping operasi laser pada mata (Lasik).
– Efek samping obat-obatan (misalnya antidepresan, diuretik, beta-blockers, dan antihistamin).
– Lingkungan (misalnya tinggal di wilayah tinggi, atau beriklim kering, panas, dan berangin).

Mata kering juga dapat dirangsang oleh aspek lingkungan seperti cuaca yang mengiritasi dan mengeringkan air mata. Orang dengan mata kering sering merasa tidak nyaman dalam berbagai bentuk termasuk iritasi, peradangan, atau merasakan adanya “sesuatu” di mata. Orang dengan mata kering kronis berulang kali mengalami penurunan jumlah penciptaan air mata dan cenderung memiliki perasaan tidak nyaman di mata.

Mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan air mata seperti seharusnya, atau saat komposisi pendukung air mata tidak pada konsistensi yang tepat dan menguap terlalu cepat. Ada beberapa gejala yang bisa anda alami, yaitu :

– Perih.
– Sensitivitas terhadap cahaya.
– Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata.
– Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata.
– Seperti ada yang menyangkut di dalam mata.
– Kemerahan.
– Penglihatan kabur.
– Mata lelah dan berair.
– Lendir di dalam atau di sekitar mata.

Penyakit ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, sepeti faktor lingkungan dan kondisi pribadi salah satu yang dapat memicu terjadinya mata kering. Faktor lingkungan dapat menyebabkan mata mengering. Contohnya udara berdebu, cuaca kering atau berangin, atau asap seperti rokok yang dapat menguapkan air mata jauh lebih cepat atau menghambat efektivitas produksi air mata.

Kondisi pribadi juga dapat menyebabkan mata kering, misalnya kekurangan vitamin A, beberapa kondisi yang membuat mata tidak dapat menghasilkan cukup air mata disebut keratoconjunctivitis sicca, diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, sidroma sjogren, atau gangguan tiroid. Menonton TV, menggunakan laptop, atau menjahit untuk durasi yang lama dapat menyebabkan ketegangan mata dan mata kering.

Kebanyakan orang tidak mengalami komplikasi serius yang disebabkan oleh mata kering. Kemungkinan komplikasi yang terjadi antara lain lebih sering terjadi infeksi mata. Jika tidak diobati mata kering akan semakin parah dan dapat menyebabkan radang mata atau jaringan parut pada permukaan kornea dan masalah penglihatan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi mata kering ini, diantarnya :

– Mengurangi konsumsi garam pada makanan.
– Mengonsumsi makanan yang kaya akanzat omega3 dan omega7.
– Jika mata hari sedang terik tidak ada salahnya anda menggunakan kacamata hitam saat keluar rumah.
– Hindari penggunaan lensa kontak apabila tidak diperlukan, jika dibutuhkan pastikan anda memakainya dengan benar dan baca cara memakai dan merawat lensa mata tersebut.
– Jangan menggosok/mengucek mata saat terkena debu atau mata terasa gatal.
– Hindari lama di depan komputer, jika terpaksa harus berada di depan komputer dalam waktu yang lama pastikan anda mengatur tingkat keredupan kontras pada LCD/monitor anda.
– Menjaga kebersihan mata dan area disekitarnya.
– Mengistirahatkan mata anda jika sudah terasa lelah atau tegang setelah bekerja seharian di depan layar komputer.

Cara Mengobati Mata Kering Secara Tradisional

Pengobatan yang ditujukan pada penyebabnya juga dapat membantu mengatasi masalah mata kering anda. Pada kasus mata kering yang lebih parah mungkin dilakukan tindakan khusus pada saluran mata anda. Ini akan membantu melembabkan mata. Namun, ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis mata dengan menggunakan alat mata khusu untuk memperbaiki saluran mata.

Ada Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati atau juga mengurangi gejala mata kering semakin parah, yaitu :

– Menggunakan tetes air mata buatan secukunya.
– Menggunakan humidifter di rumah.
– Lebih sering mengedip mata. Dengan begini, mata anda akan memproduksi air mata banyak dan sangat membantu saaat melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.
– Hindari terpaan angin langsung ke mata and, terutama pada saat anda mengendarai sepeda motor, gunakanlah helm yng full face atau anda juga bisa menggunakan kacamata saat berkendara.

Adapun cara mengobati mata kering menggunakan bahan alami, Seperti :

– Minyak biji rami

Minyak biji rami juga bisa menjadi pengobatan alami untuk mata kering. Minyak biji rami dapat ditemukan dalam botol dan dalam bentuk kapsul di toko-toko kesehatan.

– Mengkonsumsi asam lemak omega3

Omega3 mwmiliki Omega-3 memiliki aktivitas anti-inflamasi alami yang mengurangi peradangan sepanjang permukaan mata, yang membantu untuk meringankan gejala. Omega-3 juga membantu meningkatkan produksi airmata. Jadi, konsumsilah suplemen Omega-3, untuk mengurangi mata kering.

– Menggunakan air mawar

Air mawar memiliki efek pendinginan dan menenangkan mata, dan membantu membilas kotoran pada mata. Caranya dengan membilas mata dengan air mawar. Lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari.

– Menggunakan daun sirih

Daun sirih bersifat antibakteri, yang mampu mengatasi iritasi mata. Caranya dengan merebus selembar daun sirih tua bersama dua gelas air, hingga air menyusut setengahnya. Setelah hangat, bilas mata anda dengan air rebusan ini.

– Menggunakan susu

Caranya dengan membasahi kapas dengan susu, kemudian gunakan sebagai kompres untuk mendapatkan efek pendinginan dengan cepat. Lakukan pengobatan ini di pagi dan malam hari.

– Menggunakan mentimun

Cara menggunakannya, terapkan irisan mentimun yang telah didiamkan sampai airnya kering, pada mata anda selama 10 menit. Lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam sehari. Mentimun memiliki sifat anti-iritasi yang mampu mengobati mata gatal, mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Jika pengobatan yang anda lakukan sendiri di rumah tidak berhasil, maka temuilah dokter. Dan anda biasanya akan dresepkan obat-obatan yang bisa menstimulasi produksi air mata ataupun meningkatkan jumlah air mata, serta menurunkan risiko kerusakan pada kornea.

Jika obat-obatan tidak mampu mengatasi mata kering, maka dokter akan menawarkan Anda prosedur penyumbatan saluran pembuangan air mata atau sumbat punktus. Prosedur sumbat punktus ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang permanen. Jika diperlukan, prosedur penyumbatan secara permanen akan dilakukan oleh dokter dan tentunya atas persetujuan pasien.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mata kering dan cara mengobatinya. Jagalah kesehatan mata anda, karena mata adalah jendelanya dunia. Atur pola makan dan juga pola hidup anda yang benar dan bersih untuk setidaknya mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit mata lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terima Kasih.

SHARE TO :