SHARE TO :

Penyakit Panu Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Dengan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:22 am tanggal September 27, 2016

Penyakit Panu Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Dengan Cepat – Panu adalah suatu penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari kulit asli kita. Warna panu juga bahkan ada yang merah muda atau merah. Nama lain dari panu adalah tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Penyakit kulit ini tidak menular.

Panu ini terjadi pada bagian anggota tubuh, seperti tangan, kaki, muka, punggung dan bahkan ada yang seluruh tubuh yang memiliki warna putih dengan berbentuk lingkaran kecil. Anak-anak sampai orang dewasa pun bisa mengalami panu. Pasti orang mengalami panu merasa hilang kepercayaan dirinya, karena kulit tersebut akan tampak lebih belang dan tidak rata.

Penyakit Panu Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Dengan Cepat Serta Aman

panu

Gejala yang dialami pada saat panu menyerang adalah rasa gatal-gatal dan akan membuat kulit juga terserang penyakit kurap dan penyakit kadas. Penyakit inilah yang masuk dalam kategori penyakit eksim kulit. Jika kita terkena panu, bercak-bercak di kulit bisa bertambah atau melebar seiring waktu. Panu juga menyebabkan kulit menjadi berubah warna dan juga menyebabkan kulit menderita ras gatal dan kasar (bersisik).

Bagian tubuh yang paling sering terkena panu adlah punggung, lengan atas, perut, dada, dan leher. Panu juga bisa menganggu penampilan dan menyebabkan ketidaknyamanan akibat gejala gatal-gatal. Panu disebabkan oleh malassezia, salah satu jenis jamur yang dapat ditemui pada kulit termasuk pada permukan kulit yang sehat. Pemicu berkembangnya jamur ini adalah kulit berminyak, cuaca panas dan lembap, keringat yang berlebih, perubahan hormonal dan sistem imun yang melemah.

Jamur malassezia dimiliki setiap manusia pada tubuhnya, bisa dipastikan panu bukanlah penyakit menular. Jadi jangan menyalahkan orang lain ketika anda memiliki panu ketika anda memakai pakaian milik pengidap panu.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu, yaitu :

– Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
– Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
– Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
– Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Tanda dan gejala dari penyakit ini biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran danwarna, lalu ditutupi oleh sisik dengan rasa gatal. Terkadang tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Penyakit panu sangat mudah dikenali meski sangat mirip dengan penyakit kulit lain, tapi yang menjadi ciri khas panu adalah berwarna agak beda dari kulit (putih, merah muda, cokelat), pertumbuhan lambat, bersisik dan terasa gatal, akan terlihat jelas perbedaannya setelah mengenai paparan sinar matahari, dan akan menyebar jika kurang memeperhatikan bagian kulit (acuh).

Akan tetapi penyakit panu ini juga bisa terjadi dari dalam tubuh itu sendiri misalnya produksi kelenjar keringat yang meningkat atau sering keluar ke permukaan kulit, kulit berminyak, perubahan hormon dan pengaruh daya tahan tubuh yang lemah. Penyakit ini tergolong penyakit yang cukup ringan namun dapat berisiko jika pada saat teras gatal sering digaruk, maka sebagai upaya penyembuhan untuk menahan rasa gatal. Ada beberapa kebiasaan pemicu terjadinya kepanuan misalnya dengan menjauhi pola hidup yang tidak teratur dan kurang bersih.

Seseorang yang sering malas adalah dengan mengubah kebiasaan malas menjadi rajin. Seseorang perlu memulai hidup bersih, membersihkan badan, pakaian atau tempat tidur. anda juga harus memperhatikan kondisi cuaca yang terpapapr langsung dengan kulit, menghindari cuaca yang tinggi kelembaban dan cuaca yang sangat panas.

Cara Mengobati Panu Dengan Mudah Dan Tradisional

– Bawang Putih

Cara menggunakannya adalah Ambilah 1 siung bawang putih kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian. Gosoklah bagian dalam bawang putih ini pada area panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih. Tahan saja perihnya, bila rasa perih sudah menghilang lanjutkan menggosok lagi sampai kulit memerah dan terasa perih lagi. Setelah itu biarkan sejenak sampai bakteri jamur ini mati. Cara ini akan membuat panu hilang selamanya hanya dalam satu hari.

– Lengkuas

Cara memakai lengkuas untuk panu adalah Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan gunakan bagian belahan lengkuas ini untuk digosokan pada panu, agar hasil lebih maksimal kita bisa menaburkan sedikit garam pada bagian luar belahan lengkuas tadi. Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan hal ini 3x dalam 1 hari saja maka panu akan menghilang dengan cepat.

– Jeruk nipis dan belerang

Racikan Tradisional ini bisa membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu, caranya membuatnya : Tumbuk halus belerang secukupnya dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis kemudian aduk rata dan oleskan pada panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara rutin. Maka panu akan menghilang dengan cepat.

– Daun pare

Daun pare juga bisa digunakan untuk mengobati panu, yaitu tumbuk secara halus beberapa daun pare kemudian campur dengan kapur sirih. Setelah itu gunakan untuk mengoleskan bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan rutin setiap pagi dan malam ketika akan berajak tidur.

Cara menghilangkan panu dengan cepat dapat anda lakukan dengan menggunakan obat panu yang saat ini sudah banyak dijual. Namun, sebaiknya jangan gegabah untuk menggunakan obat panu karena tentunya dalam obat tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat memberikan efek samping pada kesehatan kulit anda.

Cara mencegah penyakit panu bisa juga anda lakukan dengan cara sederhana sebagai berikut. yaitu :

– Mandi secara teratur, minimal 3x sehari.
– Jagalah kebersihan pakaian anda karna mungkin saja panu bisa berasal dari pakaian anda yang sudah kotor.
– Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat anda.
– Gunakan handuk yang bersih, handuk merupakan alat yang sering diapakai dan sering lembab dan biasanya juga kurang anda perhatikan.
– Selalu rutin mencuci handuk setelah 3 hari digunakan.
– Hindari produk kecantikan yang mengandung banyak minyak.
– Simpan pakaian di tempat kering.
– Pastikan sirkulasi udara di sekitar anda lancar.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengobati panu yang menyerang kita, marilah kita memulai hidup sehat agar senantiasa terlindungi dari penyakit yang ringan maupun yang berbahaya. Karena besar kecilnya penyakit adalah suatu bencana untuk kesehatan kita. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan pola makan kita jauhi segala jenis makanan yang bisa memicu panu bertambah parah. Semoga informasi yang di samapaikan bisa menjadi saran dan juga solusi bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :