SHARE TO :

Gejala Terjadinya Kebotakan Dan Pengobatan Secara Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:52 am tanggal January 24, 2017

Gejala Kebotakan Dan Pengobatan Secara Tradisional – Botak merupakan kerontokan rambut yang biasanya bersifat permanen. Salah satu jenisnya yaitu alopecia areata yang akan dibahas dalam artikel ini. Lopecia merupakan penyakit autoimun, yaitu keadaan dimana sistem imun menyerang tubuhnya sendiri. Sebab itu, keadaan ini tidak termasuk penyakit yang menular.

rambut-rontok-penyebab-kebotakan

Para pakar menduga bahwa faktor keturunan mempunyai kebotakan, anda beresiko mengidap keadaan yang sama. Kondisi autoimun lain seperti lupus atau diabetes tipe 1 juga berpotensi meningkatkan resiko kebotakan.

Gejala-gejala Botak

Kebotakan yang dialami dapat terjadi pada rambut di kepala maupun bagian tubuh lain. Tingkat keparahannya juga berbeda-beda, ada pitak di satu tempat dan ada yang sekaligus di beberapa bagian.

Gejala awal kebotakan adalah munculnya pitak pada rambut di kepala atau bagian lain, seperti alis atau jenggot. Ukuran pitak yang terbentuk juga beragam. Indikasi ini biasanya akan disertai peningkatan pada jumlah rambut yang rontok.

Selain rambut, kebotakan juga berpengaruh pada kuku jari tangan dan kaki. Contohnya, muncul bintik-bintik atau garis putih pada kuku, kuku yang berubah kusam dan kasar, serta ujung kuku yang bergelombang.

Cara Mengatasi Rambut Ronto Atau Bodak Dengan Bahan Tradisional

1. Daun seledri

Semenjak diperkenalkan oleh Belanda sejak masa penjajahan, banyak yang menggunakan daun saledri untuk penyedap makanan dan juga sebagai obat alami. Manfaat dan khasiat daun seledri untuk sambut rontok anda. Cara menggunakan daun seledri untuk rambut rontok caranya sangat mudah. Sediakan 10 batang saledri yang dicuci bersih, lalu potong-potong. Masukan daun saledri yang telah dipotong tersebut ke dalam blender untuk dihaluskan, lalu campur dengan telur yang telah dikocok. Campuran tersebut dapat anda oleskan pada rambut dam kulit kepada sambil dipikit ringan. Setelah didiamkan selama 30 menit baru dibilas dengan shampo.

2. Lidah Buaya

Selain daun seledri, obat penumbuh rambut alami lainya yaitu lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk rambut rontok dan botak ternyata sudah dilakukan oleh orang sejak zaman dahulu. Khasiat lidah buaya untuk rambut rontok. Caranya : Siapkan daun lidah buaya, lalu buang kulitnya. Selanjutnya gosokan ke rambut dan kulit kepala anda. daun lidah buaya yang kulitnya telah anda buang tadi. Langkah selanjutnya, bungkus rambut anda dengan handuk dan biarkan semalaman lalu bilas dipagi harinya. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali, percaya tidak percaya rambut anda tidak akan rontok dan berkurang. dibagian rambut botak akan mulai tumbuh kembali.

3 . Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Bercabang

Minyak Zaitun selain bermanfaat bagi perawatan rambut rontok dan beruban, ternyata juga bermanfaat bagi rambut bercabang. Untuk mengatasi rambut bercabang dengan menggunakan minyak zaitun, caranya mudah saja. Cukup mengoles minyak zaitun diatas rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan menggunakan beberapa air, bisa juga dengan menggunakan shampo dengan formula ringan.

4. Teh Hijau

Teh hijau memang sangat terkenal dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Manfaat teh hijau juga bisa dirasakan oleh mereka yang ingin menumbuhkan rambutnya. Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah ke bagian rambut. Hasil akhirnya, rambuat akan lebih cepat tumbuh. Caranya juga sangat mudah, melakukan perawatan menggunakan teh hijau ini, anda cukup menyeduhnya. Setelah teh hijau ini diseduh, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kepala anda. Bungkuslah kepala anda selama 20 menit menggunakan handuk, setelah itu anda bisa membilasnya.

5. Tumbuhkan Rambut Memanfaatkan Kulit Apel

Selain teh, kulit apel juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa menghaluskan kulit apel ini dan kemudian diaplikasikan ke seluruh bagian kepala. Kulit apel bisa dibilas setelah 20 menit.

 

SHARE TO :