SHARE TO :

Perlemakan Hati Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:30 am tanggal November 12, 2016

Perlemakan Hati Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya – Perlemakan hati adalah kondisi ketika lemak yang ada di dalam organ hati menumpuk hingga lebih dari 5-10 persen dari berat total organ tersebut. Perlemakan hati atau suatu penyakit dengan nama lain steatosis ini kebanyakan diderita oleh orang-orang berusia antara 40-60 tahun. Kebanyakan kasus perlemakan hati tidak menimbulkan gejala apa pun pada penderita dan bahkan tidak menyebabkan kerusakan permanen pada hati.

Perlemakan hati adalah kondisi dimana terjadi timbunan lemak berlebihan dalam hati. Sebenarnya perlemakan hati tidak terlalu berbahaya namun apabila terjadi terus menerus dan berulang berpotensi menimbulkan kerusakan dan sirosis. Adanya lemak dalam hati itu normal tetapi jika jumlahnya lebih dari 5%-10% dari berat hati maka dapat menimbulkan penyakit yang bisa menimbulkan beberapa komplikasi serius.

Perlemakan Hati Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Alami

perlemakan hati

Gejala perlemakan hati jarang menimbulkan keluhan, karena penimbunan lemak yang terjadi secara perlahan. Namun bila kondisi ini terjadi terus menerus dan berlanjut dapat menyebabkan gejala sebagai berikut:

– Hilang nafsu makan.
– Berat badan berkurang.
– Badan terasa lelah dan lemah.
– Konsentrasi terganggu.
– Bingung.
– Mual.
– Nyeri pada bagian tengah perut atau pada perut atas sebelah kanan.
– Pembengkakan hati.

Normalnya hati memang mengandung lemak, namun jika kadar lemak dalam hati berlebihan maka sebagian sel-sel hati akan diganti dengan sel lemak. Biasanya kondisi ini terjadi jika lemak sudah lebih dari 10 % dari berat hati. Warna hati akan menjadi kuning mengkilat karena lemak dan membesar, kondisi inilah yang disebut dengan fatty liber (perlemakan hati). Berdasarkan berat ringannya, perlemakan hati dapat dibagi menjadi :

– Steatosis (hanya perlemakan hati), keadaan ini masih ringan.
– Steatohepatitis (perlemakan hati disertai dengan peradangan sel hati).

Steatohepatitis terbagi menjadi 2 jenis, yaitu : ASH (Alcoholic Steatohepatitis) terjadi akibat konsumsi Alcohol yang berlebihan. Fatty liver jenis ini dapat terjadi dengan meminum kurang lebih 300 ml Alcohol perminggu. Dan NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).  NASH disebabkan karena obesitas (kegemukan) perlemakan hati jenis Steatohepatitis ini menyebabkan kematian sel hati dan akhirnya akan membentuk jaringan parut pada hati (fiborsis). Proses peradangan hati dapat terus berlanjut sampai 10-20 tahun, kemudian hati menjadi keras dan mengecil (sirosis). Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan permanen hati dan dapat menyebabkan kanker hati.

Adapun beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penyakit perlemakan hati, diantaranya :

– Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
– Efek samping obat-obatan (misalnya steroid, aspirin, tetracyline, dan tamoxifen).
– Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah.
– Obesitas.
– Faktor keturunan.
– Penyakit diabetes.
– Penyakit hepatitis C.
– Malanutrisi.
– Berat badan yang turun secara drastis.
– Kehamilan (kasus ini jarang terjadi).

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah kesehatan yang harus serius ditindak lanjuti karena akan mengancam organ vital tubuh, salah satunya hati. Jika kita rajin menumpuk lemak (makan banyak, tapi tidak di imbangi dengan aktivitas fisik, sehingga kalori dari makanan akan tersimpan jadi lemak). Perlahan-lahan hati anda akan diselimuti dan dimasuki oleh lemak.

Perlu anda ketahui bahwa hati merupakan organ tubuh yang vital karena memproduksi enzim dan hormon, memetabolisme semua bahan yang masuk dalam tubuh dan juga mengatur cairan tubuh. Tapi sayang kita lebih suka memilih gaya hidup yang melukai organ hati kita. Salah satu masalah yang banyak dijumpai adalah perlemakan hati.

Perlemakan hati bisa saja tidak menimbulkan kerusakan. Namun ada kalanua kelebihan lemak memicu terjadinya peradangan pada hati (hepatitis). Biasanya perlemakan hati terjadi karena konsumsi lemak terlalu banyak, contohnya makanan gorengan. Konsumsi kalori berlebihan juga menyebabkan lemak tertimbun di hati jadi lemak akan menyelimuti hati dan masuk ke sel-sel hati. Akibatnya fungsi sel hati menjadi terganggu.

Pengobatan Alami Perlemakan Hati

Kelebihan lemak di dalam hati sebetulnya bukan merupakan masalah yang serius. Tujuan dari pengobatan adalah menghilangkan penyebabnya atau mengobati penyakit yang mendasarinya. Bila hati secara berulang mendapatkan pemaparan dari bahan-bahan racun seperti alkohol, pada akhirnya perlemakan hati akan berkembang menjadi sirosis.

Dokter hampir tidak pernah meresepkan obat khusus atau menyarankan operasi untuk menangani penyakit perlemakan hati. Biasanya dokter hanya menyarankan pasien untuk :

– Mengurangi konsumsi minuman beralkohol atau menghentikannya sama sekali.
– mengurangi berat badan.
– Mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.
– Berolahraga secara rutin.
– Mengonsumsi makanan sehat, seperti gandum, sayuran, dan buah-buahan.
– Membatasi konsumsi makanan berkadar kalori tinggi, seprti nasi jagung, roti, dan kentang.
– Mengonsumsi ayam dan ikan sebagai pengganti daging merah.
– Menghindari minuman berkadar gula tinggi (misalnya jus atau minuman berenergi).

Pada kasus perlemakan hati akut dimasa kehamilan, penanganan harus dilakukan secepat mungkin di rumah sakit karena bisa membahayakan nyawa sang ibu dan bayi yang dikandung. Beberapa contoh risiko serius yang bisa terjadi adalah kegagalan organ ginjal dan hati, pendarahan parah, dan infeksi parah. Jika perlemakan hati disebabkan oleh sautu penyakit, maka kondisi yang mendasari tersebut harus ditangani terlebih dahulu oleh dokter.

Maka dari itu perhatikanlah pola gaya hidup anda terutama pada pola makanan anda. Karena beberapa makanan bisa memicu terjadinya perlemakan hati dan kurangnya berolahraga juga dapat menjadi faktor terjadinya penyakit perlemakan hati. Untuk itu seringlah untuk memakan makan yang sehat di sertai berolahraga secara rutin dan teratur.

Demikianlah informasi mengenai penyakit perlemakan hati dan pengobatannya. Semoga apa yang di sampaikan dalam informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :