SHARE TO :

Psoriasis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:23 am tanggal October 31, 2016

Psoriasis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang menyerang kulit. Psoriasis sendiri adalah peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala.

Penyakit ini tidak menular dan biasanya penyakit ini terjadi pada orang dewasa, walupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja. Gangguan pada kulit ini dipicu oleh faktor lingkungan, serangan kekebalan tubuh (autoimun) karena jumlah limfosit yang tidak normal, dari sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Psoriasis diduga disebabkan oleh proliferasi atau penyebaran sel-sel kulit yang sangat cepat.

Psoriasis Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami Dan Efektif

psoriasis

Tingkat keparahan gejala Psoriasis ini berbeda-beda diantara para penderitanya. Selain itu, intensitas gejalanya dapat berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala yang ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tetapi kemudian gejala bertambah parah hingga menganggu kenyamanan pengidap.

Gejala Psoriasis yang utama adalah ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, dan terasa kering serta bersisik. Gejala ini terkadang gatal atau perih dan dapat muncul di semua bagian tubuh, tapi umumnya di lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala. Sedangkan penyebab pasti Psoriasis ini belum diketahui. Para ahli percaya bahwa penyakit ini merupakan penyakit turunan. Akan tetapi, belum dapat ditentukan apakah faktor genetik adalah satu-satunya yang menyebabkan munculnya Psoriasis.

Faktor lain yang memicu Psoriasis adalah cedera pada kulit, paparan langsung sinar matahari, HIV, obat-obatan tertentu seperti beta-blocker, dan infeksi streptokokus. Selain itu, kondisi ini juga dapat dipicu oleh perubahan hormon, alkohol, merokok, dan stres emosional.

Psoriasis tampak seperti bercak bersisik berwarna merah, putih, atau perak yang muncul di bagian manapun pada tubuh. Munculnya Psoriasis berbeda menurut jenisnya :

Psoriasis Vulgaris ditandai oleh bercak kulit kemerahan dengan sisik perak diatasnya. Psoriasis jenis ini juga menyebabkan gatal pada kulit dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Guttate Psoriasis digambarkan sebagai bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh.

Inverse Psoriasis ditandai oleh bercak yang kebanyakan ditemui di ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan pantat. Meskipun tidak mengakibatkan sisik, tetapi jenis ini menyebabkan peradangan merah pada kulit.

Pustular Psoriasis adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dan ditandai dengan lepuhan kekuningan penuh dengan nanah.

Psoriasis juga dapat muncul pada kulit kepala. Orang sering salah mengira Psoriasis ini sebagai ketombe. Penebalan kulit yang muncul berbentuk serpihan bersisik merah pada kulit.

Akan lebih mudah untuk mengobati Psoriasis ketika belum tersebar ke bagian tubuh lain yang lebih luas. Banyak produk seperti krim dan losion dapat membantu mencegah penyebaran dan mengontrol gejala penyakit ini. Steroid seringkali direspkan sebagai pengobatan awal tetapi tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang karena efek sampingnya.

Pengobatan Psoriasis Secara Alami Dan Aman

Penanganan Psoriasis tergantung kepada jenis serta tingkat keparahan gejala yang diderita pasien. Psoriasis bisa ditangani dengan obat oles, fototerapi, konsumsi obat-obatan serta suntikan. Pengobatan ini tidak bisa menyembuhkan Psoriasis, tapi bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.

Namun, pengobatan Psoriasis secara alami bisa jadi solusi anda yang menderita penyakit ini, karena bahan alami memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati Psoriasis, diantaranya :

  • Minyak Ikan

Minyak ikan bisa menjadi salah satu pengobatan Psoriasis secara alami. Ada suatu penelitian yang menyarankan untuk rutin meminum suplemen minyak ikan guna mengurangi penampakan Psoriasis pada kulit. Bukan hanya untuk diminum, mengobati Psoriasis dengan minyak ikan juga bisa langsung dioleskan pada kulit yang terdapat Psoriasis.

  • Garam Laut Mati

Mandi merupakan kebiasaan kita sehari-hari yang bisa menjaga kulit dan tubuh tetap sehat. Tapi ternyata kegiatan mandi ini juga menyebabkan kulit jadi kering sehingga akhirny mengakibatkan banyak permasalahan pada kulit. Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat mandi, tapi gunakanlah air yang hangat. Untuk melakukan pengobatan Psoriasis, ketika mandi sebaiknya gunakan air yang dicampur garam laut mati, minyak, dan oatmeal. Rawat kulit anda selama 15 menit ketika mandi. Dengan cara ini, kulit bersisik dapat teratasi sekaligus menghilangkan gatal akibat Psoriasis.

  • Cayenne

Telah lama cabai cayenne digunakan bahan obat-obatan. Cabai cayenne mengandung zat capcaisin yang banyak digunakan pada obat pereda nyeri dan krim atau jel. Gosokkan krim capcaisin pada kulit untuk meredakan gatal dan luka kulit akibat Psoriasis.

Pengobatan Psoriasis secara alami ini bisa anda coba dirumah. Namun, lebih baik periksakan tentang penyakit anda terlebih dahulu pada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Jika kulit kita bermasalah, tentunya kepercayaan diri kita pun akan menurun karena gangguan kulit. Untuk itu segeralah lakukan pengobatan.

Demikianlah informasi mengenai Psoriasis. Mudah-mudahan apa yang di sampaikan diaatas bisa menambah pengetahuan anda mengenai masalah pada kulit, dan juga semoga anda lebih bisa memperhatikan kesehatan kulit anda. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :