SHARE TO :

Rabun Jauh Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:38 am tanggal October 18, 2016

Rabun Jauh Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Efektif – Rabun Jauh adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang dekat terlihat jelas sementara objek yang jauh terlihat kabur. Kondisi ini disebut juga dengan istilah kedokteran yaitu miopi. Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada tiap penderita. Pengidap rabun jauh ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Sedangkan rabun jauh yang tergolong parah akan memengaruhi kemampuan melihat pengidapnya harus ditangani dengan seksama.

Rabun jauh merupakan salah satu gangguan refraksi pada mata yang menyebabkan penderitanya tidak mampu melihat obyek yang jauh dengan jelas. Rabun jauh bisa dialami oleh siapa saja dan pada umur kapanpun. Namun biasanya rabun jauh akan mulai dirasakan oleh seseorang ketika ia menginjak usia kanak-kanak hingga ke bangku sekolah.

rabun jauh

Meskipun penyebab rabun jauh belum diketahui, banyak dokter mata menduga bahwa mata minus memiliki kaitan yang erat dengan kelelahan mata akibat dari pengguna komputer dan hal-hal yang membutuhkan melihat fokus dalam jarak dekat misalnya membaca buku dalam waktu yang lama atau menggunakan smartphone, ditambah lagi dengan kecenderungan genetik untuk miopi.

Gejala rabun jauh dapat terjadi pada siapa saja dari segala umur. Berikut ini adalah gejala-gejala rabun jauh yang muncul secara umum, yaitu :

– Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh sehingga sering menyipitkan mata.
– Sakit kepala karena bekerja secara berlebihan.
– Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan.
– Sering menggosok mata.
– Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.

Gejala tersebut perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Misalnya pada lansia, penurunan kemampuan mata biasanya berhubungan dengan terbentuknya katarak pada lensa mata.

Jika seseorang memiliki rabun jauh, maka biasanya akan mengalami kesulitan membaca marka jalan, tulisan yang berjarak jauh dan kesulitan melihat benda-benda jauh dengan jelas, namun anda masih dapat melihat dengan jelas pada jarak dekat, misalnya membaca dan menggunakan komputer.

Mata Rabun jauh atau miopi ini juga bisa bertambah, misalnya saat beberapa tahun yang lalu anda menggunakan kacamata minus sebagai koreksi bisa melihat dengan jelas, namun lama kelamaan penglihatan kembali rabun seperti sebelum menggunakan kacamata. Pada kondisi seperti ini, maka anda harus periksa ulang untuk mendapatkan resep kaca mata yang lebih kuat. Misalnya yang duhulu mata minus 0.5 ditingkatkan menjadi minus 1.

Rabun jauh juga dapat disebabkan oleh kornea dan / atau lensa yang terlalu melengkung relatif terhadap panjang bola mata. Pada kondisi normal, kornea atau lensa mata memiliki bentuk dan permukaan yang halus sehingga bias cahaya yang masuk bisa terpusat pada retina mata. Kerusakan refraksi pada mata akan menyebabkan cahaya yang masuk ke mata justru akan terfokus di depan retina dan bukan tepat di depan retina seperti pada mata normal. Kondisi inilah yang menyebabkan pandangan terhadap suatu obyek menjadi kabur.

Penyebab dibalik kerusakan tersebut belum diketahui secara pasti. Para pakar menduga kondisi ini dapat dipicu oleh dua faktor utama, yaitu keturunan dan pengaruh lingkungan. Rabun jauh atau miopia adalah kondisi dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.

Pengobatan Alami Rabun Jauh

Rabun jauh biasanya di tangani dengan menggunakan kacamata minus sehingga penderitanya sering di sebut dengan minus. Selain dengan kacamata, penderita miopi bisa menggunakan lensa kontak. Akan tetapi penggunaan lensa kontak bisa menyebabkan alergi dan mata yang kering. Penanganan mata miopi ini merupakan penanganan dengan bantuan alta tanpa mengobati miopi sendiri. Pasalnya posisi otot mata yang telah kendur akibat kebiasaan akomodasi tak akan bisa di tolong.

Pengobatan rabun jauh juga bisa diobati dengan melakukan metode mata yang sering dikenal dengan lasik. Operasi ini adalah metode yang paling terkenal untuk mengobati kelainan ini. Akan tetapi kadang kala para penderita ada yang takut untuk melakukan operasi sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan kacamata. Untuk operasi lasik memang membutuhkan biaya yang besar.

Namun, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional untuk mengobati rabun jauh anda, yaitu dengan menggunakan daun kelor dan madu. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk daun kelor kemudian di campur dengan air matang satu gelas dan madu satu sendok. Campuran bahan tersebut di seduh hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian di saring. Ramuan ini di minum setiap malam sebelum tidur.

Sejak kecil jika di biasakan untuk menghindari kebiasaan buruk dna menjalani hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan mata adalah telur, brokoli, alpukat, wortel dan bayam. Membiasakan untuk menatap layar monitor ataupun membaca dengan jarak normal juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Rabun jauh tidak bisa dicegah sepenuhnya. Meski demikian, ada beberapa langkah sederhana yang masih bisa anda lakukan untuk melindungi mata serta mengurangi perkembangan kondisi anda. Menggunakan kacamata merupakan pertolongan pertama bagi para penderita miopi yang paling penting. Jika telah mengalami minus dengan skala dioptri yang kecil sebaiknya banyak mengkonsumsi vitamin A dan melatih mata agar terbiasa dengan akomodasi normal.

Mata adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia dan sangat penting khususnya dalam penglihatan seseorang. Jaga mata anda, karena mata adalah jendelanya dunia. Pola hidup yang baik dan juga sehat bisa menjadi salah satu koncu untuk mengurangi terjadinya mata rabun jauh.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab, Gejala dan Pengobatan matat rabun jauh. Semoga apa yang telah disampaikan diatas bisa menambah pengetahuan dan mudah-mudahan bisa menjadi suatu informasi yang bermanfaat supaya anda lebih berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan mata anda. Terima Kasih.

SHARE TO :