SHARE TO :

Radang Gusi Penyebab Serta Pengobatannya Secara Alami Dan Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:35 am tanggal October 28, 2016

Radang Gusi Penyebab Serta Pengobatannya Secara Alami Dan Aman – Radang gusi atau dalam istilah medis gingivitis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gusi. Sebagian besar kasus radang gusi termasuk kondisi yang ringan hingga menengah, tetapi sebaiknya diobati segera mungkin. Jika radang gusi dibiarkan begitu saja berpotensi berkembang menjadi periodontitis. Komplikasi yang serius ini merupakan inflamasi pada jaringan dalam gusi dan tulang yang umumnya berujung pada gigi yang tanggal.

Periodontitis adalah serangkaian penyakit inflamasi yang akan mempengaruhi periodonsium yaitu yang dimana jaringan yang umumnya mengelilingi serta mendukung gigi. Periodontitis akan melibatkan hilangnya progresif dari tulang alveolar pada sekitar gigi, dan apabila tidak segera di obati maka dapat menyebabkan melonggarnya dan hilangnya gigi. Periodontitis biasanya disebabkan oleh mikroorganisme yang mematuhi dan tumbuh di permukaan gigi, bersamaan dengan respon imun yang akan lebih agresif, agresif terhadap mikroorganisme.

Radang Gusi Penyebab Serta Pengobatannya Secara Alami Dan Aman Tanpa Operasi

radang gusi

Penyakit radang gusi adalah salah satu gangguan yang terjadi pada mulut, radang gusi merupakan yang terjadi pada gusi. Penyakit yang satu ini sebaiknya anda obati, walaupun penyakit radang gusi bukanlah penyakit yang berbahaya. Sebagian besar dari kasus penyakit tersebut, radang gusi merupakan penyakit dalam kondisi yang ringan hingga menengah jadi ada baiknya jika anda mengalami hal tersebut diobati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

Penyakit ini jarang menyebabkan rasa sakit sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya. Karena itu, kita sebaiknya mewaspadai beberapa gejala umum yang dapat terjadi. Beberapa gejala yang sering muncul, diantaranya :

– Gusi yang bengkak.
– Perubahan warna gusi menjadi merah.
– Gusi yang rentan mengalami pendarahan, misalnya saat menyikat gigi.
– Bau mulut.

Penyebab utama radang gusi atau gingivitis adalah penumpukan plak. Plak terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Lapisan tidak kasat mata tersebut biasanya akan hilang dengan menyikat gigi. Tetapi jika dibiarkan menempel di gigi selama lebih dari 48 jam, plak dapat mengeras dan membentuk karang gigi yang hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

Radang gusi bisa dialami oleh siapa saja, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit radang gusi ini, diantaranya :

– Kesehatan mulut yang tidak terjaga.
– Merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk lain, seperti tembakau kunyah.
– Gigi palsu dengan ukuran yang tidak pas.
– Kekurangan nutrisi.
– Mengidap diabetes. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko infeksi.
– Pengaruh usia.
– Infeksi akibat jamur dan virus tertentu.
– Memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun.
– Perubahan hormon, misalnya pada masa pubertas atau kehamilan.
– Pengaruh obat-obatan tertentu.
– Penggunaan obat-obatan terlarang.

Jika penyebab radang gusi anda adalah plak atau karang gigi, dokter akan menanganinya sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi. Langkah ini umumnya dilakukan dengan membersihkan plak dan karang gigi secara seksama oleh dokter. Apabila ada gigi yang berlubang atau gigi palsu yang rusak, dokter akan melakukan penambalan serta perbaikan agar kesehatan mulut bisa tetap terjaga. Proses pemeriksaan kesehatan mulut dan pembersihan gigi secara rutin oleh dokter juga dianjurkan.

Selain penanganan medis, anda juga dapat melakukan beberapa langkah sederhana untuk membantu proses pemulihan, yaitu :

– Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan.
– Gunakan sikat gigi yang lembut dan gantilah dengan yang baru tiap 12-16 minggu.
– Gunakan obat kumur dengan unsur antibakteri jika dianjurkan dokter.
– Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau tusuk gigi.

Langkah-langkah tersebut juga dapat membantu anda untuk mencegah kambuhnya radang gusi, sekaligus menurunkan risiko anda terkena penyakit ini. Perawatan gigi oleh dokter gigi secara berkala, setidaknya dua kali dalam setahun, juga merupakan langkah pencegahan yang efektif.

Pengobatan Alami Radang Gusi

Penyebab radang gusi perlu dicari tahu terlebih dahulu agar kita lebih mudah untuk mengobatinya. Ada beberapa pengobatan yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan tradisional yang sangat mudah anda buat dan juga bahan yang bisa anda dapatkan sendiri, diantaranya :

  • Jambu Mede Kering dan Madu

Cara pembuatannya : Sediakan 5 butir biji jambu mede kering dan 1/4 sendok teh madu, Setelah itu gongseng biji jambu mede kering sampai mengering, lalu giling sampai halus dan menjadi serbuk, ambil 1 sendok teh serbuk kacang mede tersebut, kemudian tambahkan madu, aduk sampai rata, setelah itu bubuhkan ramuan ini pada bagian gusi yang meradang.

  • Daun picisan

Sediakan daun picisan secukupnya, cuci daun tersebut sampai bersih, lalu kunyah daun picisan, biarkan menetap agak lama pada bagian yang meradang, kemudian buang ampasnya, lakukan 4x sehari sampai sembuh.

Jika cara pengobatan radang gusi secara alami yang disebutkan diatas tidak membuat berkembangan yang baik pada radang gusi anda, maka sebaiknya segera anda memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga apa yang disampaikan bisa membantu anda untuk lebih jauh mengenal penyakit radang gusi dan juga solusi bagi anda yang sedang mengalaminya. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :