SHARE TO :

Radang Sendi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:40 am tanggal October 29, 2016

Radang Sendi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif – Radang sendi atau dalam istilah medis arthritis merupakan suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya inflamasi di dalam satu atau beberapa sendi. Gejala yang dirasakan penderita biasanya berupa rasa sakit, kemerahan, atau sensasi hangat pada sendi yang meradang. Radang sendi juga bisa menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Radang sendi adalah salah satu penyakit sendi, tidak sedikit orang yang telah mengalami radang sendi karena kondisi ini banyak terjadi khususnya pada orang tua. Kondisi radang sendi yaitu menyebabkan sendi membengkak, dan juga mengalami perubahan warna kulit yang akan lebih merah. Radang sendi hampir sama dengan menumpuknya asam urat di sendi, sehingga akan mengalami pembesaran ukurannya dan membuat kulit terasa panas dan juga merah.

Faktor risiko terkena radang sendi biasanya meningkat seiring perkembangan usia. Selain usia, penyakit obesitas, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan keluarga dapat turut berpengaruh. Terlebih lagi jika anda pernah mengalami cedera di suatu sendi, bahkan tidak mungkin rasa sakit di sekitar sendi tersebut akan kambuh.

Radang Sendi Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif Dengan Bahan Alami

radang sendi

Ada beberapa jenis radang sendi, diantaranya :

Rheumatoid arthritis. Kondisi ini terjadi ketika membran sinovial (lapisan pembungkus sendi) mengalami inflamasi dan bengkak akibat serangan dari sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Rheumatoid arthritis lebih banyak di derita wanita dibandingkan pria dengan usia antara 40-50 tahun. jika tidak ditangani dengan benar, kondisi ini bisa mengarah kepada kerusakan dan tulang rawan di dalam sendi.

Lupus. Kondisi ini terjadi ketika jaringan dan organ tubuh mengalami gangguan akibat menyerang sistem kekebalan tubuh sendiri.

Fibromyalgia. Kondisi ini ditandai dengan gejala rasa sakit pada bagian otot, tendon, dan ligamen.

Polymyalgia rheumatica. Sama seperti penyakit lupus, serangan sistem kekebalan tubuh diduga berperan dalam timbulnya kondisi ini. Namun, penyebab pasti kondisi ini belum diketahui. polymyalgia rheumatica umumnya dialami oleh orang-orang berusia diatas 50 tahun dengan gejala inflamasi sendi, kaku, dan nyeri pada otot.

Reactive arthritis. Kondisi ini biasanya munculnya aetelah seseorang mengalami infeksi pada saluran kelamin, usus besar, atau tenggorokan. Selain di sendi, orang yang terkena jenis radang sendi ini juga bia mengalami radang pada uretra dan mata.

Pemeriksaan radang sendi yang dilakukan akan bervariasi tergantung dari jenis kondisi yang dicurigai di derita oleh pasien. Selain analisis cairan di laboratorium, diagnosis radang sendi juga bisa dilakukan menggunakan metode pencitraan, contohnya dengan USG, pemindaian CT scan atau MRI, dan pemeriksaan menggunakan X-ray.

Apabila gejala radang sendi sudah sangat parah dan tidak bisa diatasi lagi, baik oleh obat atau pun terapi, maka dokter kemungkinan akan merekomendasikan operasi. Beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan adalah prosedur penyatuan sendi atau arthritis, prosedur pemotongan tulang atau osteotomy, atau prosedur perggantian sendi atau artroplasty.

Pengobatan Radang Sendi Secara Alami

Pengobatan radang sendi yang direkomendasikan oleh dokter bergantung kepada jenis dan tingkat keparahan dari radang sendi itu sendiri. Selain untuk meringankan gejala, pengobatan radang sendi juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi sendi-sendi. Untuk mengurangi rasa sakit, anda bias mengonsumsi obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen), analgesik (misalnya acetaminophen), serta krim atau salep yang mengandung capsaicin dan menthol sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diresepkan oleh dokter.

Namun tidak ada salahnya jika anda melakukan hal yang bisa mencegah terjadi radang sendi seperti dengan melakukan olahraga ringan secara baik dan benar dengan tujuan untuk membantu mengurangi munculnya rasa nyeri di pergelangan kaki, lutut, pinggul, atau juga bagian bahu. Karena gerakan tersebut akan membantu menguatkan otot, memulihkan kembali dari kelenturan sendi yang secara umum bisa membantu menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Pemanasan bia dilakukan dengan cara lewar gerakan ringan atau juga dengan berjalan terlbih dahulu. Dan sesudah itu dilakukan pereganganm peregangan yang dilakukan sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan nyeri. Tapi ada beberapa cara untuk anda yang mengalami radang sendi dengan menggunakan bahan tradisional, diantaranya :

  • Daun Jarak

Daun Jarak juga dapat mengobati radang sendi yang anda alami, cara membuat ramuannya : Daun jarak di cuci bersih, kemudian tumbuk hingga alus, lalu remas dengan air hangat secukupnya, setelah itu balurkan dan gosok pada bagian yang sakit, lakukan pengobatan ini 2x sehari secara rutin dan teratur.

  • Kayu Manis

Kayu manis ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan radang sendi, kulit dan rantingnya pun memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, pengobatan menggunakan kulit kayu manis ini dengan cara : Bubuk kulit kayu manis diseduh dengan air hangat, lalu aduk hingga merata dan minum airnya, lakukan pengobatan dengan kulit kayu manis ini 2x sehari dengan dosis yang sama. Atau anda juga bisa menggunakan ranting kayu manis muda, Cara membuatnya : ranting kayu manis muda direbus dalam 1 gelas air, diamkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan sekaligus secara rutin dan teratur yaitu 2x sehari dengan dosis yang sama.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa radang sendi hanya akan menyerang bagi mereka yang sudah berumur lansia, tapi tidak tertutup kemungkinan kalangan remaja pun bisa terserang radang sendi, jika mereka tidak menjaga pola gaya hidup mereka. Maka untuk itu  jangan anggap radang sendi ini sepele karena jika anda terserang akan berdampak pada kehidupan anda seperti terhambatnya jam kerja anda atau aktivitas yang biasa anda lakukan pun terganggu.

Demikianlah informasi mengenai radang sendi, lakukanlah gaya hidup yang baik jika anda berumur lansia kurangi mengangkat beban yang tidak mungkin anda bisa lakukan, dan jika anda berumur masih muda jangan terlalu sering mengangkat benda-benda yang sangat berat dampaknya pasti akan terasa seiring waktu. Atau anda juga bisa menggunakan Obat Alami Nyeri Sendi Dan Tulang bisa membantu anda untuk merawat dan mengobati sendi-sendi anda yang terkena peradangan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :