SHARE TO :

Sakit Leher Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya Yang Sederhana

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 12:28 am tanggal October 22, 2016

Sakit Leher Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya Yang Sederhana – Sakit leher adalah masalah umum yang sering kita alami dan biasanya akan membaik dalam beberapa hari. Kondisi ini jarang sekali menjadi gejala kondisi yang lebih serius dan umumnya bukan hal yang perlu diwaspadai. Sakit leher dapat membuat seseorang tidak dapat melakukan aktivitas harian dengan nyaman seperti biasanya.

Sebagian besar sakit leher ini bukan merupakan kondisi yang serius dan dapat sembuh dalam beberapa hari. Namun dalam beberapa kasus, leher sakit dapat disebabkan kondisi medis yang serius dan memerlukan perawatan dokter. Penyebab utama sakit leher adalah pengapuran, terutama pada orang yang beranjak ke usia tua. Selain pengapuran, penyebab lainnya adalah penjepitan saraf ataupun kesalahan posisi dalam menyikapi posisi leher yang benar.

sakit leher

Sakit leher yang dirasakan setiap orang dapat bermacam-macam tergantung penyebabnya. Sakit yang menjalar ke lengan, sakit pegal, leher terasa kaku ataupun susah menggerakkan leher adalah berbagai manifestasi yang timbul. keluhan yang juga sering dirasakan adalah kebal atau baal pada bagian tangan, hal ini dirasakan bilamana terdapat penjepitan saraf perifer yang mengenai level saraf dari bagian leher.

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan sakit leher, berikut adalah rinciannya :

– Tegang otot

Hal ini dapat terjadi akibat penggunaan otot-otot leher secara berlebihan atau posisi leher yang salah yang berlangsung lama, seperti terlalu lama menyetir, tidur dengan posisi kepala dan leher yang buruk, mengangkat benda berat di leher, menyentak leher selama olahraga, dan sebagainya.

– Cedera leher

Leher sangat rentan terhadap cedera, bisa karena terjatuh, kecelakaan lalu lintas, dan olahraga, di mana otot-otot dan ligamen leher dipaksa untuk bergerak di luar jangkauan normalnya. Jika leher terkilir atau patah, sumsum tulang belakang juga dapat rusak.

– Kerusakan Sendi

Sendi-sendi leher juga dapat mengalami keausan dengan bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan osteoarthritis di leher. Tak jarang ini menjadi penyebab sakit leher.

– Saraf kejepit (tertekan)

Herniated disc atau taji tulang di tulang belakang leher dapat menekan cabang saraf yang berasal dari sumsum tulang belakang di leher sebagai akibatnya timbullah rasa sakit di leher yang biasanya menjalar sampai ke bahu hingga tangan.

Sakit leher bisa muncul mulai dari sisi bawah kepala hingga sisi atas bahu anda dan bisa menyebar hingga ke lengan serta punggung bagian atas. Akibat dari kondisi ini, gerakan leher dan kepala menjadi terbatas dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi sulit dilakukan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan otot leher jadi kaku dan terasa sakit saat digerakkan tapi pada umumnya rasa sakit tersebut muncul karena postur tubuh yang salah, ada otot yang terkilir, terlalu lama di depan komputer atau bahkan salah tidur.

Terkadang rasa cemas atau stres terhadap sesuatu juga dapat menyebabkan munculnya ketegangan pada area leher dan bahu dan menimbulkan rasa sakit, tapi setelah beristirahat rasa sakit biasanya akan hilang kembali. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan sakit leher, yaitu :

– Kelainan pada tulang atau sendi.
– Trauma.
– Postur tubuh yang buruk.
– Penyakit degeneratif.
– Tumor.
– Otot tegang.

Pengobatan Sakit Leher Secara Alami

Rasa sakit pada leher biasanya akan reda dengan sendirinya setelah tubuh beristirahat. Meski demikian jika rasa sakit tidak juga hilang maka ada baiknya anda mengonsumsi obat sakit leher yang biasanya berbentuk tablet untuk diminum atau gel yang dioleskan ke leher. Tapi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi sakit leher, yaitu :

– Minum obat pereda rasa sakit. Untuk meredakan rasa sakit yang muncul akibat sakit leher, anda bisa mengonsumsi obat tablet parasetamol atau ibuprofen, atau bisa juga menggabungkan keduanya. Selain dalam bentuk tablet, ibuprofen dalam bentuk gel dapat dioleskan pada bagian leher yang mengalami rasa sakit.

– Gunakan bantal keras dan rendah. Memakai bantal yang rendah dan keras bisa membantu mendapatkan posisi tersebut. Bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher merasa sakit karena posisi leher terlalu membungkuk.

– Lakukan latihan khusus untuk leher. Gerakan yang bisa dilakukan adalah dengan mencondongkan kepala ke atas dan ke bawah, atau memiringkannya ke kanan dan kiri untuk membantu merenggangkan otot leher dan mengatasi leher yang kaku.

– Mengompres leher dengan air hangat. Gunakan botol berisi air hangat atau alat kompres lain untuk meredakan kram otot dan rasa sakit pada bagian leher. Air dingin juga bisa digunakan untuk mengompres, tergantung kenyamanan yang dihasilkan terhadap tubuh anda.

– Hindari aktivitas yang butuh banyak gerakan leher. Seprti mengemudi dan berkendara motor bisa menganggu ketika anda mengalami sakit leher. Ada baiknya anda tidak melakukan kegiatan yang memerlukan banyak gerakan kepala dan leher.

– Memperhatikan postur leher. Posisi dan postur leher dalam beraktivitas harus diperhatikan. Posisi dan postur yang salah bisa memperparah sakit yang anda alami atau bahkan postur salah inilah yang menjadi penyebabnya sejak awal.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya sakit leher, misalnya posisi tidur yang salah, bekerja dengan komputer atau laptop dalam waktu yang lama, dan mengakibatkan otot terkilir, postur leher yang salah akibat terlalu sering menunduk atau menengadah. Salah satu hal yang paling utama dalam terjadinya sakit leher adalah kondisi yang dapat memicu terjadi leher sakit seperti leher kaku, saraf kejepit, cedera, dan kondisi medis lainnya.

Sakit leher merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari tapi jika tidak segera ditangani mungkin sakit leher akan bertambah parah, setidaknya lakukan lah beberapa cara untuk mengatasi atau mengurangi sakit leher yang anda alami, karena sakit leher dapat menghambat aktivitas anda.

Demikianlah informasi mengenai sakit leher, semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat dan anda bisa menggunakan salah satu cara pengobatan diatas. Terima Kasih.

SHARE TO :