SHARE TO :

Sakit Maag Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 2:12 am tanggal September 30, 2016

Sakit Maag Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya – Sakit Maag atau biasa dikenal dengan Dispepsia, merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi berawal ketika radang terjadi pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang sering atau terus-menerus berlangsung membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag.

Sebenarnya ada kondisi serupa lainnya yang disebut dengan tukak duodenum (Bagian pertama dari usus halus), tapi radang dan kemudian luka ini terjadi pada usus halus. Berbeda dengan radang pada lambung dimana rasa perih muncul pada saat makan, rasa perih akibat radang atau luka pada usus halus muncul sekitar 2-3 jam setelah makan. Sakit maag dan tukak duodenum dikategorikan sebagai tukak peptikum.

Penyebab Sakit Maag

Sakit Maag Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Penyebab utama sakit maag ada dua, yaitu bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin dalam waktu yang cukup panjang. Bakteri H. Pylori adalah bakteri yang dapat mengiritasi dan mengakibatkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

Gejala Sakit Maag

Bagi penderita sakit maag, nyeri bisa saja mulai langsung terasa setelah makan. Sedangkan bagi penderita tukak duodenum atau radang usus halus, biasanya nyeri akan terasa dua sampai tiga jam setelah makan. Karena itu sering kali penderita kondisi ini terbangun di malam hari karena gejalanya yang kambuh.

Nyeri seperti perih dan ngilu atau sensasi panas pada bagian perut selama beberapa menitatau bahkan jam merupakan gejala sakit maag yang paling umum. Gejala tersebut juga dapat terasa dari leher sampai daerah pusar dan bahkan punggung. Nyeri sakit maag berasal dari radang atau luka pada dinding dalam lambung yang terpapar zat asam.

Namun sering kali gejala khas dari sakit maag tidak terasa ketika kondisi tersebut sedang kambuh. Bahkan sakit maag kadang-kadang tidak menimbulkan nyeri sama sekali. Ini berarti, seorang penderita sakit maag bisa saja terkena komplikasi (misalnya pendarahan) tanpa merasakan nyeri pada sebelumnya.

Selain gejala umum di atas, ada juga gejala sakit maag yang paling umum, diantaranya yaitu mual, hilang nafsu makan, perut panas, dan gangguan pencernaan (beberapa penderita bahkan susah mencerna makanan berlemak).

Cara Mengobati Sakit Maag

Apabila anda menderita penyakit maag, disini terdapat Cara Mengobati Sakit Maag secara alami. Diantaranya:

1. Dengan menggunakan Kedelai
Kedelai mampu mengatasi sakit maag, bahkan yang sudah akut sekalipun. Pertama, sangrai kedelai, lalu haluskan dan seduh dengan air panas. Minum secara teratur.

2. Dengan menggunakan Biji Pepaya
jemur biji pepaya sampai benar-benar kering, lalu tumbuk sampai halus, seduh bubuk biji pepaya seperti menyeduh kedelai seperti diatas. Minum ramuan ini secara teratur agar maag yang anda alami akan sembuh dengan sendirinya.

3. Dengan menggunakan Kunyit / Kunir
Kunyit memang tanaman yang terkenal sebagi obat penyakit perut, termasuk maag di dalamnya. Caranya adalah dengan memarut kunyit lalu peras sampai keluar airnya, kemudian minum air perasan kunyit itu. Anda juga bisa mencampurkan air perasan kunyit dengan air hangat dan juga madu.

4. Dengan menggunakan Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji ternyata bisa mengatasi maag, selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi diare. Untuk mengatasi maag, caranya sangat mudah yaitu rebus daun jambu biji lalu minum air rebusannya tiga kali dalam sehari secara terartur untuk mengatasi maag.

5. Dengan menggunakan Lidah Buaya
Khasiat Lidah Buaya selain bagus untuk memanjangkan rambut dan mencegah rambut rontok, ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati masalah lambung dan asamnya. Caranya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya lalu bersihkan lendirnya, rebus sampai airnya mendidih dan lidah buayanya matang, Tambahkan madu agar rasanya tidak pahit, bisa juga dengan membuat jus lidah buaya dan tambahkan madu, Minum ramuan ini 1 kali sehari.

Selain dengan bahan-bahan alami diatas, ada juga bahan makanan yang bisa mengurangi sakit lambung, misalnya Pisang raja, Kacang hijau, Susu kambing dan Brokoli. Atau bisa juga dengan Jeruk Lemon. Beberapa Terapi juga mampu meringankan penyakit maag yang anda derita seperti makan secara teratur, yaitu 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam. Makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna. Hindari stress dan Istirahat yang cukup. Sekian artikel yang kami bahas kali ini, semoga bermanfaat dan Terima kasih.

SHARE TO :