SHARE TO :

Tips Mencegah Alergi Dengan Mudah Dan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:31 am tanggal September 28, 2016

Tips Mencegah Alergi Dengan Mudah Dan Efektif – Alergi adalah istilah untuk suatu penyakit yang tidak asing lagi di telinga kita. Tidak semua orang mempunyai alergi, dan alergi yang dimiliki setiap orang pasti berbeda. Istilah alergi sudah dikenal sejak lama. Bila anda mempunyai alergi, tidak ada salah anda mengenali alergi tersebut. Alergi merupakan reaski sensitivitas yang berlebih terhadap benda asign atau disebut juga alergen dalam tubuh. Sensitivitas atau kepekaan terhadap alergen antara satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda. Contohnya, ada satu orang yang oeka dengan alergen A, tapi bisa saja ada orang lain yang tidak peka dengan alergen yang sama.

Banyak hal yang bisa menjadi sumber alergi tersebut, mialnya makanan, keadaan cuaca, obat-obatan kimia tertentu, serbuk sari, debu, spora jamur, kosmetik, bahan-bahan kimia seperti cat, alergi bulu binatang. Di dalam tubuh manusia terdapat mekanisme pertahanan berupa humoral dan selular, hal itu tergantung pada aktivasi sel B dan sel T yang ada di tubuh.

Tips Mencegah Alergi Dengan Mudah Dan Efektif  Tanpa Obat

mengatasi alergi

Pada sistem imunitas humoral yang berperan adalah sel B, sedangkan pada respon imunitas selular yang berperan adalah sel T. Selain itu, di dalam tubuh manusia juga terdapat antigen. Antigen merupakan zat yang merangsang sistem imunitas sehingga dapat menghasilkan antibodi. Adanya gangguan atau aktivitas berlebih pada antigen akan menimbulkan reaksi sensitivitas atau kepekaan yang berlebih.

Terjadinya alergi ini bisa dipengaruhi oelh beberapa faktor, seperti keturunan, lingkungan, dan makanan yang kita konsumsi. Faktor keturunan adalah faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap terjadinya alergi. Sedangkan faktor lingkungan yang berkaitan dengan terjadinya laergi diantaranya adalah polusi udar, kebersihan lingkungan atau dengan adanya binatang tertentu disekitar.

Alergi dapat terjadi pada semua usia baik pada mereka yang mempunyai bakat alergi maupun tidak/nonalergi. Pada anak-anak yang paling sering ditemukan yaitu asma bronkiale. Sedangkan alergen yang paling sering menyerang anak-anak yaitu tepung sari, debu rumah, bulu hewan, air liru hewan, dan makanan.

Ada beberapa tips mencegah dan menghindari alergen, diantaranya :

– Jaga selalu kesehatan tubuh dan lingkungan.
– Pindahkan sarang debu seperti pernak-pernik, buku, hiasan dinding, dan sebagainya.
– Bila anda alergi pada bulu binatang, jangan membiarkan binatang berbulu masuk ke dalam ruangan.
– Hindari penggunaan kain yang terbuat dari wool atau bahan dari bulu.
– Hindari tanaman atau aquarium yang menyebabkan spora jamur di udara.
– Gunakan pembersih udara elektris untuk membersihkan debu, jamur atau polen dari udara.
– Gantilah permadani atau gorden berat yang menangkap dan menyimpan debu dengan tirai yang dapat dicuci dan permadani dari katun.
– Jika anda alergi terhadap jenis makanan tertentu, hindari makanan penyebab alergen tersebut.

Tips Mencegah Alergi Secara Alami Dan Mudah

Atau anda juga bisa mencegah alergi ini dengan alami, berikut adalah beberapa tips mencegah alergi secara alami yang bisa anda lakukan, diantaranya ;

– Selalu perhatikan aliran udara di ruangan anda, hal ini bisa mengurangi pemicu alergi dan juga membantu meringankan reaksi alergi hidung anda.

– Pertimbangkan terapi alternatif, dengan beberapa herbal tertentu dapat membantu meredakan alergi musiman.

– Hilangkan alergen, alergi dapat terjadi ketika anda selesai bepergian dan kembali ke rumah, anda membawa serta partikel-partikel dari dunia luar. Biasakanlah untuk segera mandi dan mengganti pakaian anda untuk menghilangkan alergen yang bisa saja menempel dari pakaian dan tubuh anda setelah anda bepergian tadi.

– Tingkatkan vitamin D, Banyak studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D mungkin menyebabkan gejala alergi atau membuat alergi bertambah buruk. Sumber vitamin D adalah minyak ikan dan lemak ikan, seperti tuna dan salmon, atau suplemen jika anda tidak bisa mendapatkan vitamin D dari pola makan anda.

– Gunakan masker

Dengan menggunakan masker anda dapat mencegah alergen memasuki saluran pernapasan ketika anda tidak dapat menghindari alergi pemicu tertentu, seperti ketika memotong, menyapu, atau membersihkan.

– Makan dengan pola makan sehat

Jika anda makan dengan pola makan kaya sayuran segar, buah-buahan, dan kacang, khususnya anggur, apel, jeruk, dan tomat, memiliki gejala alergi lebih sedikit. Secara umum diketahui bahwa makan makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan bagi tubuh. Sebagai langkah awal, setidaknya cobalah tambahkan satu buah segar dan sayuran setiap kali makan.

– Gunakan pembilas hidung

Pembilas hidung membersihkan lendir dari hidung anda dan dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Hal ini juga dapat membilas bakteri, lendir tipis, dan membantu mengurangi postnasal drip.

– Minum lebih banyak cairan

Jika anda merasa sesak atau memiliki postnasal dari alergi anda, cobalah minum lebih banyak air, jus, atau cairan lainnya. Minum cairan tambahan dapat membantu mengencerkan lendir di hidung Anda dan mungkin meredakan sesak. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap.

– Hindari Asap rokok dan asap lainnya

Asap bisa memperburuk gejala alergi anda, memperburuk hidung yang tersumbat dan mata berair. Cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana orang merokok, memilih restoran, klub malam dan kamar hotel yang bebas asap rokok. Lebih baik juga untuk menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.

Inti dari semua informasi diatas adalah kita harus menjaga pola hidup sehat yang benar di kehidupan kita sehari-hari, sehingga resiko terkena berbagai macam penyakit akan terhindarkan. Hidup anda juga akan terasa lebih nyaman dan rileks karena tidak takut terhadap berbagai macam penyakit. Dan para ahli kesehatan juga pernah berkata bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Mungkin cukup sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai tips mencegah alergi. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dalam informasi tersebut bisa menjadi suatu solusi dan juga saran bagi anda untuk melakukan pola hidup sehat. Apapun masalahnya selalu ada cara untuk dapat mencegahnya. Terima Kasih.

SHARE TO :