SHARE TO :

Tips Mencegah Cacing Kremi Dengan Efektif Dan Mudah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:29 am tanggal September 30, 2016

Tips Mencegah Cacing Kremi Dengan Efektif Dan Mudah – Cacing kremi tidak berbahaya, tetapi bisa sangat menular, terutama di kalangan anak-anak. Jika kutu cacing kremi telah menemukan jalan ke rumah anda, anda harus mengambil langkah-langkah untuk memberantasnya. Semakin lama anda meninggalkan cacing kremi tidak diobati, semakin besar kemungkinan anda akan menyebarkan infeksi kepada teman-teman dan keluarga dari orang tersebut.

Cacing kremi adalah cacing parasit kecil yang hidup dalm sistem pencernaan. Infeksi ini menyebar ketika seseorang tanpa sadar menghirup telur cacing kremi mikroskopis, yang kemudian membuat jalan ke usus. Setelah satu dua bulan betina bergerak ke arah dubur untuk bertelur, yang akan menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan. Ketika anda menggaruk anus, telur menjadi lekat dikulit atau terperangkap bawah kuku yang membuatnya sangat mudah untuk sengaja mentransfer telur kepada orang lain.

Tips Mencegah Cacing Kremi Dengan Efektif Dan Mudah Yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah

tips mencegah cacing kremi

Infeksi cacing kremi umumnya tidak menimbulkan kondisi medis yang serius. Namun, kadang cacing ini akan naik dari area anal menuju ke vagina, uterus, tuba falopi, dan sekitar organ di pinggul. Jika ini terjadi, penderita akan terancam terkena beberapa komplikasi seperti peradangan vagina (vaginitis) dan peradangan lapisan dinding dalam uterus (endometritis).

Infeksi cacing kremi terjadi melalui dua tahap yaitu, fase pertama ketika telur cacing pindah dari area sekitar anus penderita ke benda seperti sprei dan pakaian, kemudian tersentuh tangan atau melalui udara hingga bisa tertelan. Di dalam usus kecil, larva cacing kremi menetas dan tumbuh dewasa dalam usus besar. Dan cacing dewasa akan bergerak ke sekitar anus untuk menyimpan telurnya, dan kurang lebih itulah yang kemudian menimbulkan rasa gatal.

Cacing kremi kebanyakan diidap oleh anak kecil karena masih belum bisa menjaga kebersihan tangannya dengan baik. Selain anak kecil, seseorang yang sering melakukan kontak langsung dengan penderita cacing kremi dan yang hidup di lingkungan padat penduduk juga berisiko lebih tinggi untuk mengidap parasit cacing kremi.

Tips Mencegah Cacing Kremi Dengan Efektif

Berdasarkan penyebab terjadinya cacing kremi, ada beberapa tips untuk mengatasi penyakit kremi tersbut dengan cara sebagai berikut :

Membangun kesehatan tubuh. Kita harus menjaga kesehatan tubuh jita mulai dari menjaga pola hidup sehat mulai dari sekarang. seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar, mencuci pakaian, membersihkan seprei dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari diri dari infeksi cacing kremi yang berpindah tempat dan juga mencegah orang lain terinfeksi atau tertular cacing kremi yang anda derita.

Hindari menggaruk anus atau sekitar anus. Dengan menggaruk anus, maka anda akan mempermudah cacing untuk menyebarkan telurnya, Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini anda tidak boleh menggaruk ketika merasa gatal-gatal di daerah anus. Gunakan sabun anti-septik pembunuh bakteri untuk cuci tangan setelah menggaruk area sekitar anus yang gatal oleh cacing kremi. Untuk mengurangi rasa gatal dapat diatasi dengan salep atau krim anti-gatal di daerah sekitar anus.

Bersihkan tempat tidur, pakaian, atau bahan lain yang telah bersentuhan dengan rektum untuk membasmi telur cacing. Cuci pakaian dan selimut sesering mungkin. Bersihkan setiap permukaan yang mungkin telah Anda sentuh untuk membersihkan setiap telur yang mungkin berdiam di sini.

Memotong dan membersihkan kuku jari kaki dan jari tangan. Hal ini untuk menghindari menempelnya telur cacing pada kuku anda. Cobalah untuk mencuci tangan sebelum melakukan kontak dengan orang lain, hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menyebarkan penyakit lebih lanjut.

Menjauhkan tangan dan jari tangan dari mulut dan juga hidung. Hal ini utnuk menghindari tertelannya telur cacing yang tersebar melalui jari tangan anda.

Bawang putih juga sangat efektif dalam membunuh cacing kremi. Jika anda melihat seseorang di rumah Anda menderita cacing kremi, Anda dapat mencampur dua siung bawang putih tumbuk dengan satu sendok teh madu sekali sehari untuk membantu mencegah infeksi.

Mengkonsumsi makanan seperti yoghurt. Probiotik akan membantu merangsang sistem pencernaan Anda, yang akan menciptakan lingkungan yang tidak diinginkan untuk cacing kremi untuk hidup.

Kurangi konsumsi gula anda. Cacing kremi bertahan hidup dari gula dan pasangannya lebih agresif ketika mereka banyak mengkonsumsi gula, sehingga sangat penting untuk mencegah mereka dari mendapatkan nutrisi.

Ajari anak untuk tidak menggigit kuku dan mengisap jari. Karena mungkin sumber penyakit cacing kremi bisa terjadi ketika anak anda selalu menggigit dan juga menghisap jarinya dan bakteripun menempel lewat mulut langsung masuk ke dalam tubuh anda.

Dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan tubuh sebagai salah satu tips mencegah cacing kremi pada orang dewasa seperti rutin memotong kuku, mencuci tangan, dan membersihkan jamban. Mulailah untuk melakukan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan tubuh anda, karena penyakit cacing kremi bisa menular kepada orang lain. Jadi, kita harus tetap menjaga kebersihan rumah dan juga lingkungan yang ada di sekitar kita. Selalu ajari pola hidup sehat dan baik sejak dini agar masa yang akan datang anak-anak lebih bisa menjaga kebersihan dan juga kesehatan tubuhnya.

Demikianlah beberapa tips mencegah penyakit cacing kremi, dengan mencegah lebih daripada mengobati. mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa bermanfaat dan juga menambah pengetahuan anda tentang bahaya penyakit cacing kremi ini. Terima Kasih.

SHARE TO :