SHARE TO :

Tips Mengatasi Asam Urat Secara Alami Dan Sederhana

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:24 am tanggal September 29, 2016

Tips Mengatasi Asam Urat Secara Alami Dan Sederhana – Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh, biasanya sendi jari tangan dan kaki, tumit, siku, dengkul dan pergelangan tangan. Rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat ini sangat hebat. Bahkan, penyakit ini bisa membuat bagian-bagian tubuh yang terserang mengalami pembengkakan dan peradangan.

Asam urat merupakan manifestasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk seperti kristal-kristal. Kita bisa menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang sehari-hari kita makan, baik berasal dari makhluk hidup maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi, jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin inilah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh.

Tips Mengatasi Asam Urat Secara Alami Dan Sederhana Tanpa Operasi

tips mencegah asamm urat

Biasanya 25% orang yang kadar asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit asam urat. Bila kadar asam uratnya tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Asam urat sebenarnya secara alami ada di dalam tubuh manusia, jumlah kadar asam urat akan semakin meningkat atau berkurang seiring jalannya usia dan bagaimana seseorang menjaga pola hidup dengan baik, dan pola asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya secara teratur. Umumnya sumber makanan yang kita makan memang banyak mengandung unsur purin. Purin inilah yang menyebabkan asam urat semakin meningkatkan jumlahnya hingga diatas batas normal.

Untuk anda yang mengalami serangan asam urat segeralah untuk melakukan langkah pencegahan agar gejala tidak merembet pada serangan gejala yang lainnya. adapun bagi anda yang belum mengalami serangan gejala asam urat ada baiknya sekali-kali melakukan cek secara medis untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Apabila kadar asam urat anda melebihi ambang batas yang direkomendasikan, maka segeralah lakukan tindakan pencegahan agar tidak terus meninggi dan segera lakukan diet makanan dan terapakan pola hidup sehat.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam urat, diantarnya :

– Minumlah air putih antara 2 sampai 3 liter setiap hari. Air akan membantu ginjal untuk memproses asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.
– Mengonsumsi larutan baking soda untuk membantu melarutkan kristal asam urat, dan meningkatkan kelarutan asam urat. Cara mengonsumsinya, Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda sampai 230ml air. Campur secara menyeluruh, dan minum maksimal 8 gelas sehari. Sekali sebelum tidur, satu kali saat bangun di pagi hari, dan setiap 2 sampai 4 jam antara waktu makan. Ulangi sampai gejala hilang.
– Perubahan diet rendah purin. Karena asam urat berasal dari pemecahan purin, dan purin juga ada dalam makanan kita, penderita asam urat harus menjalankan diet rendah purin.

Jenis makanan yang harus dihindari karena mengandung purin tinggi, yaitu : daging merah berlemak , jeroan, unggas dan makanan laut (cumi, udang, kepiting, ikan laut tidak termasuk). Dan, sangat penting menghindari alkohol, Beer, khususnya, yang dapat menjadi pemicu tingginya asam urat.

Dan makanan yang diperbolehkan, diantaranya : asam lemak esensial (misalnya tuna, salmon, dll), produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, nasi, sayur, buah, dll .), buah-buahan seperti ceri, stroberi, blueberry, anggur, dll.

Tips Mencegah Asam Urat Tanpa Operasi

Namun, Ada beberapa tips lain yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar asam urat, yaitu ;

– Mengurangi atau membatasi makana yang mengandung kadar purin yang tinggi.
– Mengurangi atau menghindari minuman yang mengandung alkohol.
– Banyak mengkonsumsi air mineral.
– Kombinasikan dengan minum susu dan jus jeruk,
– Minum kopi.
– Memakan makan seperti ceri, seledri, stroberi.
– Konsumsi multivitamin tambahan.
– Turunkan berat badan.
– Konsumsi suplemen vitamin C.

Pastikan anda banyak minum air putih, serta makan banyak buah, sayuran segar dan mengonsumsi protein yang berasal dari sumber non hewan seperti kedelai, jamur, terong, agar resiko asam urat semakin turun, pastikan juga anda menjaga tubuh berada di berat baadan yang ideal (tidak perlu kurus, asal tak berlebihan). Dengan demikian, anda bisa mengurangi resiko terserang asam urat agar tak perlu minum oabt terus.

Jika anda mengalami kadar asam yang tinggi cobalah untuk mencegahnya agar tidak bertambah parah, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Setidaknya kita masih bisa berusaha untuk mencegah asam urat menjadi kronis, jika asam urat sudah mencapai stadium berbahaya segeralah untuk datang kedokter agar anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik dan efektif.

Meski kita tidak mengalami asam urat ada baiknya juga kita menghindari hal-hal yang dapat memicu asam urat ini. Jaga pola makan anda dan juga terapkan pola hidup sehat sejak dini. Terima Kasih .

SHARE TO :