SHARE TO :

Tips Mengatasi Bisul Dengan Mudah Dan Cepat Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:24 am tanggal September 23, 2016

Tips Mengatasi Bisul Dengan Mudah Dan Cepat Secara Alami – Walaupun penyakit bisul merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal di masyarakat kita, akan tetapi terkadang banyak yang masih bingung atau belum tepat dalam hal mengobati bisul, ada banyak yang sudah mencoba memakai obat salep bisul yang banyak tersedian di apotek atau toko obat, ada juga yang menggunakan daun-daunan dan lain sebagainya itu semua merupakan usaha untuk menghilangkan bisul yang memang sangat membuat tidak nyaman pada penderita mulai dari rasa sakit, demam, bahkan sampai tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari.

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Bemjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Bagian tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata, kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah bintitan.

Jenis-jenis Bisul

Akne kista
Bisul yang terjadi pada permukaan kulit pada bagian yang mengandung minyak berlebih, sepepti di wajah. penebab utama dari bisul ini karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar minyak.

Kista pilonidal
Bisul yang terjadi pada area pantat, dan dapat mengeluarkan nanah. Penyebab utama ialah infeksi yang terjadi pada folikel rambut, bilamana terus bergesek dan terkena tekanan, sehingga semakin sakit dan tak nyaman untuk duduk.

Hidradenitis suppurativa
Merupakan suatu bisul yang terjadi pada lipatan pangkal paha dan ketiak. Bisul ini lebih terasa pedih karena adanya peradangan pada peradangan keringat.

Gejala-gejala Bisul

Gejala utama pada bisul adalah munculnya benjolan merah pada kulit. Pada tahap awal, ukuran bisul biasanya kecil dan kemudian disertai dengan:

Kulit disekitar memerah, bengkak dan terasa hangat jika disentuh. Ini mengindikasikan bahwa infeksi telah menyebar ke kulit sekelilingnya.
Benjolan bertambah besar dan berisi nanah.
terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan.

Kondisi ini jarang yang membutuhkan penanganan medis oleh dokter, karena bisul bisa sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika mengalami bisul yang:

-Menyebabkan demam.
-Terus membesar (diameter di atas 5 cm) dan tersa sangat sakit.
-Tumbuh lebih dari satu buah dilokasi yang sama. Jenis ini dikenal dengan bisul sabut atau karbunkel, dan kondisi ini tergolong infeksi yang lebih serius.
-Tumbuh didalam hidung, wajah, atau tulang belakang.
-Tidak kunjung sembuh selala lebih dari 14 hari.
-Sering kambuh.
-Memiliki masalah dengan sistem imun atau dalam pengobatan yang mengganggu sistem imun dan muncul bisul.

Tips Mengatasi Bisul Dengan Mudah Dan Cepat Secara Alami

Tips Mengatasi Bisul Dengan Mudah Dan Cepat Secara Alami

Penyebab Bisul

Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit dan di dalam hidung manusia tanpa memicu infeksi apapun. infeksi terjadi jika bakteri masuk hingga ke folikel melalui luka gores atau gigitan serangga. Bakteri dari bisul atau karbunkel terkadang bisa menyebar ke bagian lain tubuh. Bila menyebar dilapisan kulit akan timbul selulitis, impetigo (luka melupuh), bahkan dapat menyebar ke tulang (osteomielitis). Penyebaran ini akan memicu terjadinya sepsis yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ-organ tubuh, misalnya jantung. selain itu, bisul juga umumnya dapat meninggalkan bekas luka.

Pengobatan Bisul

Bisul umumnya bisa disembuhkan dengan langkah silpel di rumahdan jarang memerlukan penanganan medis oleh dokter. Beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mempercepat penyembuhan adalah:

Mengopres bisul dengan air hangat. Lakukan setidaknya tiga kali sehari. Langkah ini akan mengarangi rasa sakit sekaligus mendorong nanah untuk berkumpul di puncak benjolan.
Bersihkan bisul yang pecah dengan kain kasa beserta alkohol dan sabun ati bakteri. Jangan lupa untuk membubuhkan obat oles dan bungkus bisul yang pecah dengan kain kasa yang steril.
gantilah perban sesering munkin (dua hingga tiga kali sehari)
jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah mengobati bisul.

Dokter akan mengobati bisul dengan cara berikut:

Incisi dan drainase
Untuk bisul yang berisi banyak nanah (sudah matang) dokter akan melakukanincis atau membuat sayatan kecildi ujung bisul dengan menggunakan pisau steril. Tujuannya untuk memberi jalan kepada nanah dan jaringan mati agar mudah dikeluarkan (drainase) dengan cara itu semua jaringan mati termasuk nanah akan dibersihkan agar bisul sembuh dengan tuntas. Luka bisul tidak langsung ditutup rapat akan tetapi jika diperlukan pintu keluar (sayatan) dipertahankan dengan meletakan alat khusus yang steril (drain). 2 hari berikutnya baru bisa diambil agar nanah dan darah kotor (darah bercampur nanah) dapat terus mengalir tanpa ada yang tersisa.

Antibiotik
Pada beberapa kasus dokter akan meresepkan obat bisul antibiotik berupa obat minum atau obat salep. Pemberian obat antibiotik oral atau yang diminum ditujukan untuk bisul yang disebabkan oleh MRSA (meticillin resistant Staphylococcus aureus) dan drainase tidak lengkap (nanah tidak bisa dibersihkan semua), terdapat infeksi pada jaringan lunak sekitar (selulitis), seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Obat salep bisul ditujukan untuk bisul yang masih keras atau baru tumbuh tujuannya agar bisul cepat matang dan permukaan menjadi kendur. tetapi dengan salep bisul ini bisa dikombinasikan dengan kompres seperti cara diatas, yaitu kompres terlebih dahulu setelah itu baru dipakai salep bisulnya.

Mengobati Bisul Dengan Menggunakan Bahan Alami

Parutan mentimun
Mentimun dapat mengobati bisul, caranya siapkan satu buah mentimun dan biji pala, Anda dapat memarut bahan tadi lalu hasil parutannya dicampurkan, siapkan daun pisang untuk membungkus ramuan tadi dan siap dipanggang. Pada saat ramuan itu masih hangat ramuan tersebut segeralah balurkan pada bagian bisul dan perban, ramuan tadi dapt diganti dua kali sehari.

Bawang Putih
Ternyata bawang putih bisa juga mengobati penyakit bisul, karena pada bawang putih terdapat antibiotik. Caranya siapkan beberapa bawang putih lalu tumbuk sampai halus dan hasil tumbukan tersebut dibalurkan pada bagian bisul.

Daun Cabe
Daun cabe dipercaya dapat mengobati penyakit bisul, selanjutnya caranya hanya Siapkan beberapa lembar daun cabe yang sudah dicuci bersih, dan minyak kelapa. Tumbuk sampai halus daun cabe tadi dan campurkan sedikit minyak kelapa, hasilnya bisa langsung dibalurkan dan gantilah setelah ramuan tadi sudah kering, ganti dengan yang baru.

Daun Sirih
Daun sirih ini memang banyak sekali khasiatnya termasuk juga bisa mengobati penyakit bisul, caranya cukup mudah ambil 6 sampai 7 lembar daun sirih dan tentunya yang sudah dicuci bersih, tumbuk sampai halus dan dibalurkan pada bagian bisul dan gunakanlah perban supaya menempel.

Daun Bayam
Untuk mengobati bisul kita bisa menggunakan daun bayam, daun bayam dipercaya bisa mengobati bisul. Caranya ambil dua atau lebih daun bayam yang masih segar dan cuci sampai bersih, tumbuklah atau lumatlah daun bayam dengan ditambah sedikit garam lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul tapi jangan sampai menutupi mata bisul. Daun bayam dan garam akan memberikan efek dingin pada bisul yang berasa panas dan berdenyut-denyut, lakukan ini beberapa kali sehari sampai bisul anda sembuh.

Cara Mencegah Bisul

Kebersihan yang layak mengurangi resiko terkena bisul:

Cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi.
Jika anda hobi mencabuti bulu ketiak, sebelum melakukannya jangan lupa bersihkan terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih. Hal ini penting untuk mencegah bisul di ketiak.
Jangan ‘menyongkel’ komedo atau keropeng bekas jerawat dengan kuku apalagi belum cuci tangan.
Rajin mandi (2x sehari) untuk menjaga kulit Anda bebas dari bakteri.
Hindari menggosok atau memencet kulit yang rusak (luka)
Mencuci pakaian, seprai, dan handuk secara teratur.
Hindari berbagai (pinjam-meminjam) peralatan pribadi. Seperti: baju,celana, kaus kaki, handuk, dsb.

Itulah ringkasan mengenai tips mengobati bisul, semoga bermanfaat untuk Anda pembaca sekalian. Terimakasih.

SHARE TO :