SHARE TO :

Tips Mengatasi Cacar Air Dengan Cepat dan Tepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:24 am tanggal September 16, 2016

Tips Mengatasi Cacar Air Dengan Cepat dan Tepat – Penyakit cacar air secara medis disebut varisela, umumnya diderita oleh anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun dan lebih jarang menyerang orang dewasa. hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi.

Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini umumnya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit yang menjadi gejala utama cacar air. Ruam tersebut akan menjadi bintik merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering menjadi koreng dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintik cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan dan kaki.

Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala cacar air bisa dilihat secara fisik yaitu adanya ruam kemerahan pada kulit kemudian membentuk seperti gelembung lunak dan mengandung air pada kulit disertai dengan rasa gatal. Apabila gelembung tersebut pecah maka akan meninggalkan bekas yang terkadang sulit untuk dihilangkan. Rasa risih akan terasa ketika cacar sudah keluar semuanya di permukaan kulit dan rasa gatal juga sangat mengganggu dan keinginan untuk menggaruk sangat besar namun tidak bisa dilakukan.

Karena rasa tersebut selalu menginginkan cara cepat mengatasi cacar agar rasa gatal dan risih hilang. Rasa demam, pusing, lelah, dan bahkan kehilangan nafsu makan menjadi satu paket ketika menderita cacar air. Oleh sebab itu berbagai cara baik secar medis dan secra alami dilakukan agar cacar air bisa cepat kering dan sembuh.

Langkah Pencegahan Cacar Air

Cacar air dapat dicegah dengan proses vaksinasi. Di Indonesia sendiri, cacar air tidak termasuk daftar imunisasi wajib untuk anak, tapi tetap dianjurkan. Penularan cacar air juga umumnya sangat mudah dan cepat terjadi. Langkah pencegahan penyebaran pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengisolasi penderita cacar air dari tempat-tempat umum seperti sekolah atau kantor sampai bintil-bintil mengering dan menjadi koreng. Virus cacar air paling mudah menular pada 1-2 hari sebelum ruam muncul hingga seminggu ke depan, ketika bintil-bintil telah mengering dan menjadi koreng.

Tips Mengatasi Cacar Air Dengan Cepat dan Tepat

Tips Mengatasi Cacar Air Dengan Cepat dan Tepat

 

Cacar air tidak memiliki langkah penanganan khusus. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala. Dua jenis obat yang biasa digunakan untuk menangani cacar adalah parasetamol untuk menurunkan demam dan losion atau bedak kalamin untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Tidak semua anak yang tertular cacar air dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis. Gejala tidak biasa yang sebaiknya Anda waspadai adalah infeksi yang terjadi pada bintil-bintil di kulit atau jika anak Anda mengalami sakit dada dan kesulitan bernapas.

Segera hubungi dokter jika kondisi cacar air anak Anda makin serius. Kondisi pengidap cacar air dewasa cenderung lebih parah dan berisiko mengalami komplikasi. Obat penangkal virus (antivirus) mungkin bisa efektif untuk mengobati pengidap cacar air dewasa jika diberikan pada tahap awal penyakit. Cacar air pada wanita hamil, bayi yang baru lahir, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga lebih rentan terhadap komplikasi serius. Mereka sebaiknya mencari bantuan medis secepatnya jika terpajan virus ini atau mengalami gejala-gejalanya.

Cara Mengatasi Cacar Air

  1. Mengkudu
    Mengkudu memang mempunyai bau yang khas serta kebanyakan orang tidak menyenanginya, namun mengkudu dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi cacar air. Langkahnya yaitu dengan membuat jus mengkudu yang telah masak serta meminumnya setiap hari sampai cacar air jadi kering serta sudah tidak gatal lagi.
  2. Kacang Hijau
    Dengan memakai kacang hijau akan membuat cacar air jadi cepat kering. Langkahnya yaitu dengan merendam kacang hijau seperlunya lalu ditumbuk halus. Tumbukan kacang hijau itu dibalur keseluruh tubuh yang ada cacar air. Diamkan sampai kering beberapa saat kemudian bersihkan tubuh dengan air.
  3. Kunyit
    Kunyit selain efektif untuk mencegah penyakit lipoma, kunyit dipercaya mampu mengobati gatal-gatal yang terjadi pada penderita cacar air. Selain itu, kunyit juga mampu menghilangkan bekas luka akibat cacar ini. Cara penyajiannya yakni dengan menghaluskan kunyit tersebut. Kemudian oleskan pada bekas cacar dan biarkan hingga 10 menit. Setelah itu, cucilah dengan air sampai bersih.
  4. Jagung Muda
    Jagung muda yang diparut lalu dioleskan keseluruh badan serta muka yang terserang cacar ini adalah ramuan yang paling bermanfaat untuk menyembuhkan cacar air dengan cepat. Diluar itu, dengan memakai jagung muda akan menyingkirkan sisa cacar serta tak meninggalkan sisa.
  5. Melindungi Kebersihan
    Tidak seperti orang yang demam, orang yang terserang cacar air disarankan untuk mandi teratur setiap hari pagi serta sore. Hal semacam ini dikerjakan untuk menghindarihindari penyebaran cacar air menjadi semakin banyak lagi. kemudian selalu ganti baju dan janganlah dibiarkan baju menempel 24 jam di tubuh tanpa ada ditukar.
  6. Minum Air Kelapa Muda
    Obat alami penyakit cacar yang lain yaitu dengan minum air kelapa muda. Dengan minum air kelapa jadi bakal menyingkirkan rasa panas serta rasa gerah pada kulit yang terserang cacar air. Terkecuali diminum, air kelapa muda dapat juga disiram kebagian badan yang terserang cacar air lantaran air kelapa adalah langkah cepat mengatasi cacar air serta dapat mempercepat cacar air jadi kering.
  7. Tidak Menggaruk Kulit
    Saat menderita penyakit cacar air tentu ada rasa gatal yang begitu serta tidak tahan untuk menggaruknya. Meskipun demikian, upayakan tahan rasa gatal itu serta janganlah menggaruk kulit yang terserang cacar lantaran akan memperlambat pengobatan dan cacar akan meyebar ke ruang kulit yang lain. Bila masih tidak tahan dengan gatalnya taburi dengan bedak supaya rasa gatal menghilang.
  8. Pemeriksaan
    Bila beberapa penyembuhan serta langkah cepat mengatasi cacar air telah dikerjakan serta cacar masihlah belum kering, cepatlah memeriksakannya kedokter untuk perlakuan selanjutnya apabila memerlukan akan diberi anti-biotik.

Sekian langkah cepat mengatasi cacar air yang diderita. Beragam tindakan yang diterangkan di atas dapat dikerjakan sendiri di rumah atau dikerjakan oleh orangtua dirumah bila anaknya tengah menderita cacar. Mudah-mudahan berguna. Terimakasih.

SHARE TO :