SHARE TO :

Tips Mengatasi Gejala Kutu Rambut Dan Cara mengobatinnya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:07 am tanggal October 28, 2016

Tips Mengatasi Gejala Kutu Rambut Dan Cara mengobatinnya – Kutu rambut adalah parasit yang bisa berdampak di kepala manusia. Yang berukuran tubuh organisme yang sangat kecil, akibat dari sekilas sulit untuk dilihat dengan mata. Bila saat menetas, ukuran kutu rambut lebih kecil pada ujung kepala. Bila sudah dewasa yang ukuran dengan biji wijen. Di masa-masa telur kutu berkisar delapan sehingga sebilan hari. Masa hidup kutu dari sejak kecil, dewasa, sehingga mati dengan mencapai 40 hari.Kutu rambut hidup dari menghisap darah manusia dari kulit kepala.

Orang yang memiliki kuku rambut yang mengalami rasa gatal di bagaian kepala. Rasa gatal bukan dari gigitan kuku rambut pada kulit kepala, akibat dari reaksi parasit. Dengan itu orang tidak alergi terhadap kutu rambut, bahwa tidak merasakan mengenai keberadaan mereka di kepala.

Tips Mengatasi Gejala Kutu Rambut Dan Cara mengobatinnya

tips-mengatasi-gejala-kutu-rambut-dan-cara-mengobatinnya

Kutu rambut hanya diidap oleh manusia dan hanya bisa menular antar manusia. Tidak dapat menular ke pada hewan atou pun sebaliknya. Penularan kutu rambut bisa berakibat :

  • Kontak langsung. Akibatnya menularan kini bisa terjadi pada rambut seseoranmg yang bila mana bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut bisa dengan merayap dan berpindah-pindah tempat.
  • Kontrak tidak berlangsung. Penularan ini bisa terjadi melalui perantara benda yang bisa dipakai dengan bersama telah diterkontaminasikan kutu rambut dan telurnya. Yaitu sikat rambut, sisir, helm topi, seprai, bantal, earphone, handuk dan baju.

Kutu rambut tidak bisa untuk terbang dan melompat dari satu kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang. Terjadinya penularan pada kutu rambut sehingga bisa terjadi dalam keluarga dan dikalangan anak-anak yang aktif berinteraksi dan melakukan kontrak fisik dengan teman-teman sebaya.

Mendeteksi tentang keberadaan kutu rambut

Secara kasatmata tentang keberadaan kutu rambut sangat sulit untuk dilihat, maka cara paling efektif merupakan dengan memakai sisir serit. Sisir serit adalah sisir khusus untuk menjaring dan menangkap kutu rambut dilengkapi dengan gigi-gigi yang berjarak rapat, dari sekitar nol koma dua gingga nol koma tiga milimeter. Sisir terbuat dari plastik dan kayu dapat menjaring anak maupun dengan telur-telur kutu.

Bila untuk cara menggunakan sisir serit, adalah cara basah dan kering cara basah :

  • Untuk mencuci rambut dengan terlebih dahulu dengan sampo dengan apa saja.
  • Dengan mengunakan kondisioner untuk memperhaluskan rambut.
  • Sisir rambut dengan mengunakan sisir yang biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut agar tidak mengahalangi pergerakan sisir serit nantinya.
  • Gunakan sisir serit dengan perlhan dari kulit kepala, lalu tarik sisir sehingga di ujung rambut.
  • Memeriksa sisir serit anda apakah ada kutu bahkan juga telur pada permukaan sisir.
  • Cara ini hingga semua rambut sudah tersisir dengan secara merata.
  • Mengatasi kutu rambut jauh ke lantai dan sulit untuk dilihat, maka alasi lantai dengan kain dan kertas yang berwarna putih.

Mengobati kuku rambut

Untuk mengobati kutu rambut dengan mengunakan obat-obatan untuk melakukan penanganan dengan cara yang sederhana dengan terlebih dahulu. Cara yang sederhana sama seperti dari langkah yang mendeteksi tentang keberadaan kutu rambut untuk memakai sisir serit.

Lakukan dengan secara bersih yang berkala hari ketiga, keenam, kesembilan, keduabelas,dan kelimabelas. Jarak ini bertujuan dengan agar bisa dapat bersih dari semua kutu rambut termasuk dari anak-anak kutu yang baru menetas bisa menjadi dewasa dan berkembang biak.

Bila pembersihan ini dengan menggunakan sisir rambut yang berhasil, untuk mengunakan obat antiparasit yang bisa dijual bebas di apotik. Dengan salah satunya permethin. Efek samping obat ini sangat tergolong mudah rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala.

Mencegah Kutu Rambut

Beberapa tis untuk mengatasi kutu rambut bisa dengan diterapkan kepada diri sendiri anak dan keluarga.

  • Mengawasi kontak kepala dengan kepala disaat sedang melakukan aktivitas di dalam rumah dan di luar rumah.
  • Setiap hari untuk memeriksa keberadaan kutu rambut untuk menggunakan sisir serit dari penanganan dengan sebelum menyeluruh pada semua orang.
  • Sebisa mungkin untuk menjaga jarak dari penderita kutu rambut dan bila untuk hindari dari kontak dengan untuk sementara waktu.
  • Jangan untuk berbagi barang-barang yang pribadi contoh sisir, sikat rambut bantal selimut pakaian dan untuk sebaiknya dari penularan kutu rambut.

SHARE TO :