SHARE TO :

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Dan Mudah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:30 am tanggal October 5, 2016

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Dan Mudah – Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi anda. Insomnia dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif.

Adanya gangguan otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya. Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseorang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan pembunuh nomer 1 di dunia.

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Dan Mudah Tanpa Operasi

insomnia

Jika kita tidak tidur dalam waktu 3 hari, maka akan mengganggu kerja sistem hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita. Namun ada kalanya memulai tidur menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang karena mengalami insomnia. Insomnia bukanlah penyakit dan tidak menular, insomnia merupakan gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami akan memiliki siklus yang tidak beraturan. Karena insomnia inilah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan insomnia ini, seperti stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengonsumsi makanan/minuman stimulan. Untuk membuat standar ukuran tidur normal seseorang itu tidak mudah karena kebutuhan tidur manusia itu berbeda-beda. Beberapa hal yang dapat mempengaruhinya adalah usia, gaya hidup, kebiasaan, lingkungan, dan juga pola makan.

Sepuluh persen penderita gangguan tidur mengatasi masalah insomnia dengan menggunakan mengonsumsi obat. Banyak orang yang memilih untuk melakukan jalan pintas yaitu dengan tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Menggunakan obat memang membuat tidur bisa menjadi pulas, tapi ketika bangun badan anda terasa semakin lemas dan lesu.

Manusia pada dasarnya menghabiskan waktu sepertiga dari masa hidupnya untuk tidur. Menurut para ahli, tidur terbaik seseorang berkisar 6 sampai 8 jam sehari. Insomnia merupakan gangguan pada saat memasuki waktu tidur, dimana kita akan susah mempertahankan tidur meskipun memiliki kesempatan untuk tidur.

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Dan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi insomnia dengan cepat dan mudah :

– Berolahraga teratur.

Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik. Lakukanlah olahraga secara rutin di pagi hari.

– Hindari penggunaan laptop dan gadget

Usahakan tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindari laptop atau gadget dati tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur. Karena sebagian orang pada saat lampu dalam keadaan menyala rasa ingin tidur selalu hilang akibat cahaya dari lampu.

– Hindari melihat ke arah jam

Mungkin beberapa diantara kita memilih memasang jam dinding dalam kamar tidur, dengan tujuan agar bisa terbangun tepat waktu. Akan tetapi, sebetulnya ini akan membuat kita susah tidur alias insomnia, apabila jam dinding tersebut berhadapan langsung dengan pandangan saat tidur.

– Menetralisir suara

Suara pada saat kita akan tidur seperti Suara kendaraan, anjing menggonggong, tetesan keran, jam dinding, dan sebagainya dapat menyita banyak waktu tidur kamu. Oleh karena itu, sebaiknya anda menetralisir suara-suara tersebut dengan menutup kamar rapat-rapat dan memakai penutup telinga.

– Banyak minum air putih dan susu

Insomnia juga dapat diakibatkan karena tubuh dehidrasi kekurangan cairan. Idealnya kita wajib mengonsumsi minimal 2 liter sehari atau 8 gelas. Semakin banyak mengonsumsinya maka akan semakin baik bagi kesehatan.

– Cuci kaki dan muka

Walau sepele, tapi mencuci kaki dengan air hangat sebelum tidur sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi susah tidur. Air hangat dapat membuat kaki lebih ringan dan saraf menjadi lebih tenang.

– Jangan makan sebelum tidur

Makan merupakan hal sepele, tetapi disarankan anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Sebab ketika yang anda konsumsi masuk ke dalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga muncul gejala insomnia atau susah tidur. Ada baiknya anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam anda. Sebagai gantinyam anda konsumsi 4 gelas air putih saja.

– Hindari konsumsi kafein

Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur anda meski banyak orang sering mengonsumsi kopi seblum tidur. Kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur karena kebanyakan orang mengonsumsi kopi hanya untuk tujuan begadang.

– Jaga kesegaran udara

Kesegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur anda. Udara yang kotor dan penuh dengan populasi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Sangat penting kiranya anda selalu menjaga kesegaran udara di sekitar tempat tidur anda.

Salah Satu cara untuk mengatasi susah tidur adalah pergi ke kamar tidur dengan pikiran yang tenang dan jernih tanpa beban. Atau tidak ada salahnya ketika kita ingin tidur, kita mendengarkan musik yang kita suka 2 jam sebelum tidur, itu juga bisa mengatasi ketika kita susah untuk tidur.

Demikianlah Informasi mengenai tips mengatasi insomnia dengan mudah. Jangan anggap sepele penyakit insomnia karna penyakit ini bisa mengundang dan memicu terjadinya penyakit berbahaya. Dengan mencegahnya kita bisa mengurangi pengobatan yang mungkin mahal harganya. Mudah-mudahan apa yang di sampaikan menjadi solusi dan juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :