SHARE TO :

Tips Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Obat Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:26 am tanggal October 3, 2016

Tips Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Obat alami – Mata bintitan adalah salah satu penyakit mata yang sangat mengganggu. Penyakit ini juga bisa membuat penampilan sesorang menjadi menurun dan tidak percaya diri. Mata bintitan sering dijadikan bahan canda tawa oleh sebagian orang karena dianggap sebagai ciri oarang yang suka mengintip. Bentuk dari mata bintitan sendiri seperti ada benjolan di bagian mata yang tidak nyaman dan mengganggu. Umumnya, mata bintitan itu timbul karena kita kurang menjaga kebersihan mata, seperti jarang membasuhnya, sering mengucek dengan tangan kotor dan sebagainya.

Meskipun penyakit ini tidak berbahaya dan menular, mata bintitan akan sangat mengganggu pada penglihatan. Untuk itu, para penderita bintitan sebaiknya mengetahui gejala dan penyebab agar bisa memulihkan dan mencegah terjadi lagi. Saat Anda mengalami mata bintitan, Anda seharusnya tidak mengucek mata ataupun memncet mata Anda agar tidak menjadi lebih parah. Mata bititan hanyalah salah satu penyakit yang bisa diderita oleh mata dan dapat menyerang siapapun dan banyak cara untuk bisa menyembuhkannya.

Tips Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Obat Alami Ampuh

Tips Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Obat alami

Penyabab Mata Bintitan

Mata adalah salah satu organ pada tubuh yang sangat penting dan juga sensitif dari pengaruh lingkungan sekitar. Sering kali mata juga mengalami ketidak nyamanan akibat benda asing atau kotor, sehingga dapat menjadikan mata bermasalah. Benda-benda asing atau kotoran inilah yang dapat menimbulkan mata bintitan atau mata merah.

Untuk itu, sebelum masalah tersebut terjadi, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab-penyebab yang bisa menimbulkan mata bintitan pada mata Anda. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menimbulkan mata bintitan:

  1. Terjadi infeksi pada akar/pangkal bulu mata akibat pencabutan bulu mata.
  2. Masuknya benda asing atau debu sehingga membuat mata menjadi infeksi.

Gejala Mata Bintitan

  1.  Awalnya mata mengalami benjolan pada bagian atas atau bawah di kelopak mata.
  2.  benjolan akan berwarna merah.
  3.  Terkadang pasien akan menampakkan bintik kecil dengan warna kuning atau putih.
  4.  Terkadang juga kelopak mata akan mengalami pembengkakan.
  5. Mata akan terasa nyeri dan berair
  6.  Jika sudah parah mata bintitan akan pecah dan bernanah.

Dengan mengetahui gejala-gejala di atas tentu Anda suda mengatasi terlebih dahulu agar mata bintitan tidak mengalami sakit yang terlalu parah. Namun bagaimana bagi orang yang sudah menderitanya, cara apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya agar sembuh dan normal kembali.Beriku beberapa tips mengatasi mata bintitan menggunakan obat alami.

Tips mengatasi mata bintitan menggunakan obat alami

Saat Anda mengetahui penyebab serta gejala mata bintitan, seharusnya Anda sudah bisa mengetahui cara mencegahnya agar tidak menjadi terlalu parah. Cara termudahnya adalah dengan mengkompres mata menggunakan ait hangat. Namun bagi Anda yang mengalami sakit bintitan terlalu parah, Anda bisa mencoba cara-cara alami mengobati mata bintitan berikut ini:

  1. Teh celup
    Cara pertama yang dilakukan untuk mengobati sakit bintitan adalah dengan menggunakan teh celup. Cara mengguankannya, ambilah satu kantong teh celup yang telah Anda gunakan untuk menyeduh teh. pastikan kantong tersebut masih dalam keadaan berih. kantong teh tersebutlah yang akan Anda gunakan untuk mengobati mata bintitan. Caranya, cukup kompres mata bintitan dengan kantong teh celup tersebut. Cara ini bisa mengurangi sakit bintitandi mata Anda.
  2. Kunyit
    Salah satu tamanan herbal in memang sering digunakan untuk berbagai macam penyakit, dan salah satunya juga bisa digunakan untuk mata bintitan. kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat anti imflamasi dan ati bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyerang tubuh kita. Untuk itu, Kunyit juag bisa dijadikan obat bintitan alami. cara mengguanakannya Anda cukup menumbuk kunyit, lalu dikompreskan pada mata yang sakit bintitan. Obat alami kunyit ini akan bisa meredakan dan menyembuhkan bengkak pada mata bintitan Anda dengan cepat.
  3. Bunga
    Berbagai macam bunga seperti bunga kenanga, sepatu, mawar, melati, atau yang lainnya bisa Anda jadikan obat sakit bintitan alami. Cara menggunakannya, remas-remas bunga yang akan Anda jadikan obat bintitan, lalu oleskan pada mata yang terkena bintitan. Obat ini juga sangat mujarab untuk mata bengkak yang diakibatkan oleh gigitan atau air kencing serangga.
  4. Ketumbar
    Salah satu oabt mata bintitan alami lainnya adalah ketumbar. Biji ketumbar sangat baik untuk dijadikan oabt mata bintitan dengan cara mengambil 2-4 sendok makan ketumbar kemudian direbus. Air hasil rebusan tersebut kemudian digunakan unruk mengompres mata yang sakit.
  5. Bawang putih
    Bawang putih dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki senyawa anti bakteri sehingga dapat mengusir mata bintitan. Caranya, ambil satu sihung bawang putih kemudian haluskan dengan cara dibelender, diparut atau ditumbuk. Setelah itu, oleskan bawang putih yang sudah halus tersebut ke area mata yang terkena bintitan.
  6. Daun jambu biji
    daun jambu biji memiliki anti bakteri dan anti imflamasi yang mampu membunuh bakteri atau kotoran yang masuk ke mata. Cara menggunakannya, daun jambu biji ditumbuk lalu dibubuhkan pada kelopak mata yang sakit bintitan.
  7. Daun sirih
    Daun sirih adalah tanaman obat yang memiliki sifat anti bakteri atau bisa dibilang antiseptik di ilmuu kedokteran. Cara untuk mengatasi mata bintitan dengan daun sirih adalah dengan membersihkan mata yang bintitan menggunakan air rebusan daun sirih.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi mata bintitan dengan menggunakan obat alami, semoga bermanfaat. Terimakasih.

SHARE TO :