SHARE TO :

Tips Mengatasi Migrain Dengan Cepat Dan Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:34 am tanggal October 4, 2016

Tips Mengatasi Migrain Dengan Cepat Dan Aman – Sakit kepala migrain adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Terjadinya hiperaktifitas impuls listrik otak menyebabkan aliran darah di otak meningkat dan memicu pembuluh darah otak melebar. Migrain merupakan kondisi yang kronis dan sering kambuh. Migrain juga adalah salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat. Migrain menyerang di satu sisi kepala tapi kadang bergantian menyerang di sisi yang lain.

Sakit yang ditimbulkan kadang dirasakan pada dahi, mata, dan kepala belakang termasuk migrain juga. Rasa pusing pada penderita sakit kepala sebelah atau migrain sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, meskipun demikian para ahli neurologi yang melakukan penelitian mengatakan bahwa penyakit sakit kepala sebelah adalah bagian dari penyakit syaraf yang terdapat di dalam serabut otak yang dapat mengkibatkan pembuluh darah otak menegang dan berkerut.

Tips Mengatasi Migrain Dengan Cepat Dan Aman Tanpa Obat

tips mengatasi mingrain

Ketika serabut otak tersebut menegang, maka secara otomatis keluarlah aura. Aura adalah gejala yang menandakan akan datangnya penyakit sakit kepala sebelah tersbut. Setelah itu penderita akan mengalami penglihatannya mulai kabur, jari-jarinya merasakan kesemutan, badan terasa lemah dan wajah juga menjadi pucat. Terkadang penyakit sakit kepala sebelah akan parah sehingga akan mengakibatkan terganggunya cara berbicara penderita tersebut. Rasa sakit akibat sakit kepala ini pada penderita umumnya disinyalir akibat dari terjadinya ketika pembuluh darah mulai melebar ke kepala bagian luar otak.

Sakit kepala ini disebabkan oleh beberapa gangguan pada tulang belakang yang berhubungan dengan saraf. Oleh karena itu, jika kepala sedang sakit maka anggota tubuh lainnya akan meraskan terganggun dan aktivitas yang sering kita lakukan akan terhambat. Salah satu pemicu pusing kepala adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Setiap individu memiliki reaksi spesifik terhadap jenis bahan makanan pencetus migrain. Artinya bahan makanan tertentu bisa tidak mencetus reaski apapun pada satu orang.

Setiap orang pasti pernah merasakan atau mengalami akit kepala seluruhnya ataupun hanya sebagian yang sering kita sebut migrain, biasanya dianggap sepele karena dianggap sebagai sakit yang tidak berbahaya. Tapi, sering menderita sakit kepala ini terus perlu untuk berhati-hati karena ada penelitian baru yang membuat kerusakan otak permanen bagi penderitanya.

Tips Mengatasi Migrain Secara Alami

Ada beberapa tips sederhana untuk mencegah penyakit sakit kepala migrain ini, yaitu :

– Minum banyak air putih

Kurangi minuman bersoda, kopi, dan soft drink lainnya. Dianjurkan minum enam sampai delapan gelas air putih sehari. Dengan banyak minum air putih maka dapat membantu tubuh membersihkan racun yang dapat menyebabkan migrain.

– Mengonsumsi makanan yang tingi akan magnesium

Perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran hijau, tomat, biji-bijian, kentang, dan oat. Karena bial tubuh kekurangan magnesium makan ini akan memicu migrain.

– Mengunyah jahe

Jahe juga dapat mengatasi migrain, jahe dapat mengurangi efek prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak yang memicu migrain.

– Pijat kepala dengan minyak gosong

Oleskan minyak gosong di bagian pelipis, lalu pijat dengan lembut. Bisa juga anda oleskan di sekitar leher yang terasa kaku. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membantu tubuh agar terasa nyaman dan dapat mengurangi rasa sakit.

– Kompres kepala denga ES

Cobalah berbaring dan kompres bagian kepala yang sakit dengan es yang sudah di bungkus kantong plastik atau dengan kain yang tipis. Cara ini bisa meredakan sakit kepala dan menyegarkan kepala kembali.

– Minum kopi

Menikmati makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat meredam rasa sakit akibat migrain. Tetapi Anda harus berhati-hati karena Anda bisa saja mengalami ketergantungan dengan terus minum kopi setiap kali migrain kambuh sehingga melewati dosis minum kopi harian.

– Pijat pelipis

Cara alami ini yang sudah digunakan sejak lama. Pemijatan ini adalah cara alami untuk meredakan sakit di sekitar kepala dan membuat tubuh terasa nyaman.

– Pijat atau mencium aroma minyak angin

Gunakan minyak pemijat atau gosok di bagian pelipis, lalu gosokkan. Atau oleskan di sekitar leher yang terasa kaku. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membuat tubuh terasa nyaman dan mengurangi rasa sakit.

– Berbaringlah di ruangan gelap

Istirahat di ruangan gelap dapat mengurangi rasa sakit yang anda alami. Sinar yang terlalu terang atau silau akan membuat sakit kepala semakin menjadi. Karena itu, usahakan anda berada di tempat teduh atau gelap.

– Makan makanan asin

Jika Anda mulai merasakan serangan migrain, ambil makanan dengan rasa asin, misalnya keripik asin. Menikmati makanan asin dapat menghentikan serangan migrain agar tidak semakin parah.

– Akupuntur

Cara ini dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migren.

– Aromaterapi

Dengan aroma terapi dapat membantu meringankan migrain. ambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender pada handuk kecil dan gunakan sebagai kompres di kepala, ini dapat meredakan sakit kepala akibat migren.

Untuk mencegah datangnya migrain sangatlah mudah dilakukan, jalani pola hidup sehat seperti olaharaga teratur, istirahat yang cukup, jangan biarkan diri anda stres dan yang terpenting mengkonsumsi air putih yang cukup dan juga menghindari pemicu migrain agar tidak menghampiri diri anda, Migrain bisa menyerang siapa saja anak-anak, dewasa, dan juga orang tua. Jadi, terapkan hidup sehat sejak dini dan jangan terlalu membebani fikiran anda sampai mengalami stress.

Demikian apa yang di sampaikan informasi di atas mengenai tips mencegah migrain, karena dengan mencegahnya jauh lebih baik daripada kita mengobatinya. Semoga apa yang di sampaikan bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :