SHARE TO :

Tips Mengatasi Mulut Kering Secara Efektif dan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:30 am tanggal September 16, 2016

Tips Mengatasi Mulut Kering Secara Efektif dan Tradisional – Mulut Kering dalam bahasa medis disebut dengan nama  Xerostomia. Penyakit ini umum terjadi pada siapa saja dan biasanya disebabkan oleh perubahan pada komposisi saliva atau aliran saliva yang berkurang. Selain itu, mulut kering juga dapat menjadi indikasi tidak bekerjanya kelenjar air liur dan juga dikaitkan dengan kondisi-kondisi tertentu,seperti kecemasan, stress, depresi, akibat merokok, mendengkur ataupun penuaan. Untuk gejalanya sendiri meliputi banyak hal, seperti muncul perasaan kering pada mulut, air liur tebal, lidah kasar dan sebagainya.

Penyebab Mulut Kering

Tips Mengatasi Mulut Kering Secara Efektif

Selain karena dehidrasi dan gangguan psikologis (seperti cemas dan gugup), mulut kering atau xerostomia bisa terjadi akibat efek samping obat-obatan, misalnya obat-obatan diuretik, antihistamin, atau antidepresan. Selain itu bisa akibat efek samping radioterapi pada bagian kepal dan leher yang menyebabkan mukositis. Mukositis adalah peradangan pada kelenjar air liur.

Xerostomia juga bisa terjadi apabila hidung mengalami penyumbatan sehingga kita terpaksa bernapas melalui mulut (hal ini biasanya terjadi saat tidur).

Sebenarnya hal yang normal jika kita mengalami xerostomia saat sedang kekurangan cairan atau saat sedang merasa gugup dan cemas. Namun apabila xerostomia tersebut terus-menerus kita alami, kemungkinan besar merupakan sebuah gejala dari suatu kondisi yang mendasari, misalnya penyakit diabetes, sindrom Sjogren (penyakit autoimun yang merusak kelenjar air liur), stroke, dan penyakit Alzheimer.

Gejala yang ditimbulkan Mulut Kering

Ketika kelenjar ludah tidak memproduksi cukup air liur,  Anda mungkin menyadari ada tanda dan gejala sebagai berikut:

  • Air liur tampak kental dan berserabut
  • Luka atau kulit pecah-pecah di sudut-sudut muulut anda.
  • Bibir pecah-pecah
  • Bau mulut tidak sedap
  • Kesulitan berbicara dan menelan makanan
  • Sakit tenggorokan
  • Lidah tidak sanggup mengecap rasa makanan dengan baik
  • Infeksi jamur di mulut anda.
  • Peningkatan jumlah plak, gigi berlubang, atau rusak serta penyakit gusi.
  • Pada wanita, mulut kering dapat mengakibatkan lipstik menempel di gigi. (Jika memakai lipstik)

Mengatasi Mulut Kering Secara Efektif

1. Cairan
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab dari mulut kering. Oleh karena itu, untuk menyembuhkannya, anda memerlukan asupan cairan yang cukup. Nantinya hidrasi akan memudahkan tubuh untuk memproduksi air liur lebih banyak, sehingga akan menyingkirkan gejala mulut kering.

2. Cabe Rawit
Memang benar, cabe rawit dapat merangsang produksi air liur. Itu kenapa mengonsumsi cabe rawit dapat dijadikan solusi terbaik dalam mengatasi mulut kering. Selain itu, cabe rawit juga dipercaya dapat meningkatkan selera makan dan membuat lidah dapat membedakan rasa jauh lebih baik.

Untuk cara penggunaanya sangat mudah, dimana anda hanya perlu mengoleskan bagian dalam cabe rawit ke atas lidah. Sensasi terbakar tentu akan muncul, tetapi secara bersamaan kelenjar ludah akan terangsang dan memunculkan banyak air liur. Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe rawit ke dalam makanan yang akan disantap.

3. Minyak kelapa
Cara mudah mengobati mulut kering selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara ini sebenarnya merupakan metode kuno di India, yang mana fungsinya membantu menjaga mulut agar basah. Manfaat lainnya juga ternyata bisa menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan mulut itu sendiri. Sebenarnya bukan hanya minyak kelapa yang bisa digunakan, minyak nabati lainnya, misalnya minyak wijen juga bisa anda coba.

Cara penerapannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sdm minyak kelapa. Namun diamkan terlebih dahulu di sekitar mulut, sehingga minyak bisa melekat ke seluruh dinding mulut. Tunggu sampai 15 menit, lalu bilas mulut dengan air hangat. Anda bisa menyikat gigi jika ada sisa minyak yang melekat.

4. Lemon.
Jus lemon merupakan cara yang mudah untuk mengatasi mulut kering yang terakhir pada pembahasn kali ini. Fungsi dari jus lemon ini tetap sama, yaitu untuk merangsang produksi air liur, sekaligus mengurangi gejala mulut kering. Selain itu, sifat asam pada lemon juga bisa membantu membersihkan mulut, termasuk dari serangan bau yang dihasilkan oleh bakteri. Untuk penerapannya sendiri bisa dengan mencampurkan lemon dengan segelas air, setelah itu konsumsi sepanjang hari.

Cukup sekian pembahasan yang bisa kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat untuk anda, terutama untuk yang mengalami Mulut Kering, semoga lekas sembuh. Terima kasih.

SHARE TO :