SHARE TO :

Tips Mengatasi Nyeri Haid dengan Obat Herbal Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 5:29 am tanggal February 23, 2016

Pernahkah anda merasa nyeri di bagian perut atau di area sekitar pinggang ketika sedang menstruasi? Hampir semua wanita sepertinya memang pernah merasakan nyeri ketika sedang haid, bila nyeri yang dirasakan tak terlalu parah, bisa dikatakan sebagai hal yang normal dan wajar, namun terkadang nyeri yang dirasakan cukup terasa sakit sehingga cukup banyak juga wanita yang terganggu aktivitasnya karena rasa nyeri yang tak tertahankan.

Biasanya, bila nyeri sudah menyerang, kaum hawa akan mengambil langkah praktis, yaitu dengan cara mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri haid yang dapat dengan mudah dibeli di apotek atau toko. Namun, masalahnya adalah obat-obatan tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya oleh tubuh, oleh sebab itu, sebaiknya anda menggunakan cara-cara alami untuk meredakan nyeri haid.

Tips Mengatasi Nyeri Haid atau Datang Bulan

Berikut ini, ada beberapa tips mengatasi nyeri haid dengan ramuan herbal alami :

  • Rempah-rempah

Ada beragam rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dapat membantu anda untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi, diantaranya seperti :

  • Lengkuas

Untuk meredakan nyeri haid dengan menggunakan lengkuas, yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan lengkuas sebesar ibu jari dan kunyit sebesar telunjuk. Setelah itu, kupas dan memarkan. Rebus lengkuas dan kunyit dengan 4 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan ketumbar dan 3 tanaman meniran lengkap dengan akarnya. Rebus semua bahan tersebut, hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Saring air rebusan tersebut, dan minum ramuan herbal tersebut pagi dan malam, masing-masing setengah gelas saja.

Tips mengatasi nyeri haid

Nyeri Haid

  • Kunyit

Kunyit mengandung curcuminoid yang berguna sebagai detoksifikasi alami. Selain itu, air rebusan kunyit, mampu memudahkan peluruhan di dinding andometrium, sehingga lebih cepat bersih. Bila seperti itu, maka dinding rahim anda tidak perlu berkontraksi secara berlebihan sehingga nyeri haid pun tidak akan terlalu terasa. Namun, karena sifatnya yang sangat efektif mengangkat sel-sel asing yang ada di dalam tubuh dan juga mampu melakukan detoksifikasi alami, maka sebaiknya anda tidak minum air rebusan kunyit bersama dengan

obat-obatan

  • Kencur

Selain kunyit dan lengkuas, ternyata kencur juga dapat membantu mengatasi nyeri haid secara alami. Untuk menggunakan cara ini, maka anda perlu menyiapkan 2 potong kencur sebesar ibu jari, satu lembar daun trengguli, 1 cengkeh, ½ sendok teh adas. Setelah semua bahan siap, maka langkah selanjutnya adalah masukkan semua bahan termasuk 2 buah kencur yang sudah diparut bersama dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Saring dan minum air rebusan tersebut, 2 kali dalam sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Asam Jawa

Air asam jawa juga menjadi tips mengatasi nyeri haid dengan membantu mempercepat dan memudahkan peluruhan di dinding andometrium, sehingga dinding otot rahim pun tak terlalu berkontraksi. Oleh sebab itu, dengan minum air asam jawa secara rutin ketika haid, dapat membantu meredakan nyeri haid, bahkan bukan hanya itu saja, sebab air rebusan asam jawa juga dapat menghilangkan rasa panas di perut ketika haid, karena asam jawa mampu memberikan efek astringent.

Baca juga :

  1. Cara menghilangkan keputihan secara alami
  2. Mengatasi keputihan saat hamil
  3. Cara mengatasi keputihan pada anak
  • Daun Pacar Cina

Pacar cina juga dapat mengatasi nyeri haid, khususnya untuk mengatasi darah haid yang terlalu banyak. Untuk menggunakan cara ini, anda perlu menyiapkan segenggam daun pacar cina yang telah dicuci, kemudian rebus bersama dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Saring lalu minum ramuan herbal tersebut, pagi dan malam, masing-masing setengah gelas.

  • Wortel

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata sayuran berwarna orange ini juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menyiapkan 250 g wortel, cuci bersih lalu blender hingga menjadi jus. Minum jus tersebut 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa tips mengatasi nyeri haid dengan menggunakan beragam herbal alami. Meskipun terbilang tidak praktis, namun cara-cara alami tersebut relatif lebih baik dan aman daripada bila anda menggunakan obat-obatan berbahan kimia yang beresiko mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

SHARE TO :