SHARE TO :

Tips Mengatasi Vertigo Secara Efektif Tanpa Obat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:48 am tanggal September 16, 2016

Tips Mengatasi Vertigo Secara Efektif Tanpa Obat – Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah hingga menghambat rutinitas. Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama.

Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal. Gejala yang berhubungan dengan vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Tanda-tanda ini akan memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) dan pusing.

Penyebab Vertigo

Vertigo biasanya disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan ini akan memicu masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Sementara penyebab umum lainnya meliputi:

-Vertigo posisi paroksismal jinak atau istilah umumnya Benign Paroxysmal positional Vertigo (BBPV) – vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu
Migrain – sakit kepala tidak tertahankan.
-Penyakit meniere – gangguan yang menyerang teling bagian dalam.
-Vestibular neuronitis, yaitu imflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
-gangguan pada otak, misalnya tumor.
Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
-Trauma atau luka di kepala dan leher.

Tips Mengatasi Vertigo Secara Efektif Tanpa Obat

Tips Mengatasi Vertigo Secara Efektif Tanpa Obat

Anda dapat melakukan latihan vestibular untuk megatasi vertigo. Latihan vestibular sebagai berikut:

1. Berdiri tegak, buka mata dan kemudian tutup. Lakukan 5 kali.
2. Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan 3 kali.
3. Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turunka dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan 3 kali.
4. Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakuakn pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian masing-masing 3 kali.
5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri, pada saat Anda berdiri tutup mata dan ulangi 3 kali.
6. Melatih gerakan bola mata Anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan bola mata ke atas dan kebawah secara vertikal.
7. Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada objek stasioner.

Cara Menyembuhkan Vertigo secara Tradisional

Vertigo memang sangat mengganggu karena sering menyebabkan penderita harus istirahat sementara waktu. Vertigo akan menyebabkan penderita mengalami beberapa sensasi putaran dan goncangan sehingga solah-olah semua objek atau benda bergerak berputar. Jika terjadi secara terus menerus maka bisa menyebabkan seseorang sakit kepala hebat, mual, muntah dan kehilangan kesadaran.

Dengan beberapa gangguan ini maka penderita harus mencari penyebab lewat medis atau konsultasi ke dokter. Untuk menyembuhkan vertigo maka harus mengetahui penyebabnya. Beberapa penembuhan vertigo secara tradisional sebagai berikut:

1. Teh dan Jahe
Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi sering sakit kepala, vertigo, serta mual dan muntah karena sakit kepala yang berlebihan. Anda bisa membuat teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih. Minuman ini akan membuat sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi masalah tekanan darah.

2. Madu dan Ketumbar
Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minuman selagi masih hangat. bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.

3. Stroberi dan Yogurt
stroberi dan yogurt bisa menjadi tambahan kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi campuran yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.

4. Susu dan Kacang Almond
kacang almond bisa menjadi obat yang sangat nikmat untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba membuat canpuran susu dan kacang almond dengan cara menggiling kacang almond yang sudah matang, kemudian campurkan dengan segelas susu hangat. Kacang almond dan susu hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga bisa meringankan vertigo.

5. Jus Lemon
Jus lemeon bisa menjadi minuman yang menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. efek jus lemon yang segar dan lada hutam yang menyejukan akan mengurangi rasa sakit kepala, mual dan muntah.

Sekian informasi mengenai Tips Mengatasi Vertigo Secara Efektif Tanpa Obat. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Terimakasih.

SHARE TO :