SHARE TO :

Tips Sehat Saat Perubahan Musim Berlangsung

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 10:47 am tanggal November 1, 2015

Pergantian musim atau yang biasa dikenal dengan musim pancaroba memang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Pasalnya saat musim ini berlangsung, suhu udara dan cuaca menjadi tidak menentu dan seringkali berganti-ganti. Terkadang di pagi hari kita melihat cuaca yang sangat cerah, namun ketika sore datang, hujan turun dengan deras disertai petir yang menyambar-nyambar.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada daya tahan tubuh dan tubuh kita secara tidak langsung dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan perubahan musim ini. Untuk itu, dalam menghadapi pergantian musim ini, anda perlu menjaga kesehatan tubuh anda agar tetap fit dan berstamina. Jika tidak, maka tubuh anda akan rentan terjangkit penyakit yang memang sering menyerang pada musim pancaroba. Sebagai alternatif, anda bisa menyimak tips sehat saat perubahan musim dalam artikel kami kali ini.

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Saat perubahan musim berlangsung, biasanya muncul beberapa penyakit yang seringkali diderita orang seperti diare, gangguan pernafasan dan juga demam. Ketiga jenis penyakit ini disebabkan karena pada musim pancaroba kuman akan menyerang tubuh secara besar-besaran sehingga bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah, maka akan sangat rentan terserang penyakit-penyakit ini. Selain itu, kotoran dan debu yang bertebaran juga menjadi salah satu pemicu utamanya. Untuk itu, anda harus tahu benar bagaimana cara menjaga kesehatan di musim pancaroba ini.

tips sehat

Tips Sehat

Agar tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh menjadi kuat, mulailah dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anda dengan menu makanan sehat yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat, lemak dan mineral. Anda bisa menemukannya di dalam berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kemudian, gunakan waktu istirahat dengan tidur yang cukup. Kurang tidur hanya akan membuat tubuh anda menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Lalu, biasakan juga olahraga secara rutin dan teratur setiap hari atau setidaknya seminggu 3 kali agar meningkatkan stamina tubuh anda.

Selanjutnya, anda juga bisa menerapkan tips sehat di musim pancaroba dengan mengkonsumsi makanan atau minuman suplemen. Khusus yang satu ini anda harus selektif agar tidak menimbulkan masalah lain. Pilihlah suplemen penambah stamina atau berenergi yang tepat yang memiliki kandungan berbagai vitamin. Pastikan juga bahwa makanan atau minuman tersebut telah mendapatkan izin beredar dari BPOM. Baca juga Cara diet yang sehat

Anda juga perlu menjaga kebersihan di sekitar anda. Biasakanlah gaya hidup yang bersih dan jagalah juga kebersihan pada makanan dan minuman anda. gaya hidup yang tidak bersih akan memicu datangnya kuman atau virus yang akan menyerang tubuh anda.

Selain itu, perbanyaklah konsumsi air putih, minimal 6 hingga 8 gelas dalam 1 hari. Kekurangan cairan dalam tubuh hanya akan membuat tubuh anda dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh anda. itulah beberapa tips sehat saat perubahan musim yang bisa anda terapkan. Mulailah dengan gaya hidup sehat agar senantiasa terhindar dari berbagai macam penyakit.

SHARE TO :